Walikota Cimahi Minta Warganya Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

Jawa Barat —Selasa, 17 Nov 2020 05:29
    Bagikan:  
Walikota Cimahi Minta Warganya  Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan
Walikota Cimahi Ir H Ajay M Priatna, MM sedang menyerahkan kantong yang ramah lingkungan. (foto:bagdja)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.

Walikota Cimahi Ir. H. Ajay Mochamad Priatna, MM, secara tegas mengimbau kepada pengelola pasar modern dan pusat pembelanjaan agar mematuhi jam operasional dan masyarakat harus menggunakan kantong belanja yang ramah lingkungan.

Karena, mulai saat ini bagi penggunaan kantong plastik sekali pakai di pasar modern dan pusat perbelanjaan di Kota Cimahi harus mulai dikurangi, karena kantong plastik itu tidak ramah lingkungan. 

Seperti yang diutarakan oleh Ajay, saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) bagi para pengelola pasar modern dan pusat perbelanjaan se-Kota Cimahi, bertempat di Aula Gedung Cimahi Techno Park pada Senin, (16/11/2020). 

"Sebagai alternatifnya, konsumen harus diarahkan untuk menggunakan kantong belanja ramah lingkungan," tegasnya. 

Pemkot Cimahi, kata Ajay, melalui Disdagkoperin memberikan dulu contoh untuk dipakai kepada para pengelola pasar modern, tadi dikasih kantong yang bisa beberapa kali pakai dan lebih ramah lingkungan, karena kalaupun itu dibuang cepat terurai.

"Jadi, ini diberi dulu sebagai contoh sudah dibagikan sama dinas Disdagkoperin, sisanya mereka harus menyediakan sendiri," ujar Ajay kembali. 

Dikatakannya, Pemkot Cimahi sendiri saat ini tengah menyusun Peraturan Walikota (Perwal) terkait dengan pelarangan penggunaan kantong belanja sekali pakai ini. 

"Karena itu kita terus sosialisasikan. Intinya untuk kantong belanja sekali pakai ini sudah dilarang sama sekali, minimal di pasar modern," terang Ajay. 

Terkait tentang target waktu penerapan aturan pelarangan penggunaan kantong belanja sekali pakai di dalam Perwal tersebut, Ajay belum dapat memberikan tenggang waktu yang spesifik.

Untuk hal tersebut, pihaknya berharap program peralihan dari kantong belanja plastic sekali pakai ke kantong belanja ramah lingkungan ini akan tuntas pada tahun 2021 nanti.

Terkait apakah penggunaan kantong belanja ramah lingkungan ini sifatnya berbayar atau tidak, Ajay menyerahkan hal tersebut kepada para pengelola dari masing-masing pasar modern dan pusat perbelanjaannya. 

“Mungkin berbayar mungkin tidak tergantung pengelolanya. karena kita tidak mengatur kesana tapi kami mengatur tentang, hal ini loh yang musti dilaksanakan, karena terkait bahannya," imbuh Ajay. 

Ajay berharap penggunaan kantong belanja ramah lingkungan akan semakin massif sehingga dapat mengurangi produksi sampah plastik di Kota Cimahi. 

Untuk itulah, Pemkot Cimahi melalui Disdagkoperin akan terus melakukan sosialisasi secara gencar untuk mendorong kesadaran di kalangan masyarakat agar mengurangi penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai. (Bagdja)

 

 

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait