8 Tips Aman Jalan-jalan Ke Mall Saat Pandemi Covid 19

Kesehatan —Selasa, 17 Nov 2020 11:35
    Bagikan:  
8 Tips Aman Jalan-jalan Ke Mall Saat Pandemi Covid 19
Tips Aman Jalan-jalan Ke Mall Saat Pandemi Covid 19 - internet

Mall atau pusat perpelanjaan adalah tempat ramai dimana banyak orang berkunjung utnuk membeli barang atau sekedar berjalan – jalan, meskipun tidak seperti Pasar yang memeiliki penjagaan ketat mengenai protocol kesehatan, namun tetap saja Mal menjadi salah satu tempat yang tidak aman untuk penularan kasus Covid 19

Hal ini terbukti dengan adanya Covid-19 mulai menyebar ke pusat perbelanjaan seperti Tunjungan Plaza dan Pakuwon Mal di Kota Surabaya. Tidak menutup kemungkinan Covid 19 bisa menyebar ditempat ramai lainya di mal lain.

Untuk itu pentingnya kita tetap menjalankan protocol kesehatan yang dihimbaukan pemerintah selain itu, kita juga harus memperhatikan hal lainya agar bebas berbelanja di Mal saat pandemic.

Baca Juga : 8 Makanan yang Harus Dihindari Bagi Golongan Darah O

Berikut ini tips –tips aman agar bias berbelanja di mal tanpa menghawatirkan covid 19

  1. Pastikan Tubuh Sehat

Sebelum anda pergi ke mal atau plaza pastikan diri anda memiliki keadaan tubuh yang sehat, karena Karena jika sedang sakit, daya tahan tubuh akan melemah sehingga risiko untuk tertular virus akan jauh lebih besar. Situasinya akan lebih buruk jika kamu sedang batuk, karena berisiko menyebarkan virus penyakit pada orang lain.

  1. Gunakan Proteksi diri yang lengkap

Kenali Jenis-jenis Masker, Keunggulan, dan Cara Penggunaannya

gambar : astra live

Hal yang sangat penting lainya adalah jangan lupa untuk menggunakan alat proteksi diri yang lengkap, dari masker, sarung tangan.

  1. Membawa perlengkapan

Selain memakai masker hal yang lainya adalah membawa peralatan cadangan, Barang bawaan itu meliputi hand sanitizer, masker pengganti, semprotan disinfeksi atau alkohol, tisu kering, dan tisu basah.

Adakalanya masker kotor atau basah kita bias mengganti masker dengan yang baru, karena jika kita memakai masker yang kotor bias jadi bukanya melindungi malah membuat kita terserang penyakit.

  1. Hindari kerumunan

Hal lain menjaga agar kita tetap aman dari covid 19 saat berada di Mal adalah hindari kerumunan, atau keramaian ketika kita ingin membeli sesuatu dan melihat ditempat tersebut sedang banyak orang usahakan untuk mencari barang yang lainya dulu.

Foto: Proteksi Diri Hidup Berdampingan Bersama Covid-19 - Foto  Katadata.co.id

foto katadata

Selalu patuhi aturan jaga jarak minimal 2 meter sesuai rekomendasi WHO. Patuhi pula aturan mengantre dan duduk saat makan di restoran. Bahkan di setap mal sudah ada tanda untuk kita menjaga jarak aman .

 

  1. Tentukan tujuan dengan jelas

Tentukan tujuan atau gerai-gerai mana yang hendak dikunjungi lebih dulu. Pastikan perjalanan di mal berlangsung secara efektif agar tidak menghabiskan banyak waktu. Jika biasanya kita berlama – lama di mal untuk menghilangkan penat, saat ini usahakan saat kita dating ke mal kita menentukan dengan jelas apa yang akan kita lakukan atau kita beli.

 

  1. Jangan menyentuh benda yang tidak perlu

Kurangi aktivitas menyentuh benda yang tidak perlu. Tangan dapat menjadi media penularan virus corona. Segera cuci tangan dengan air dan sabun atau dengan hand sanitizer setelah menyentuh benda-benda yang ramai disentuh banyak orang

  1. Usahakan naik kendaraan pribadi

Selain itu saat kita pergi ke mal usahakan pergi dengan kendaraan pribadi, hal ini diarenakan kenaraan umum memungkinkan kita berkumpul dengan orang – orang banyak yang kita tidak tahu bagaimana kondisi dan keadaanya.

 

 Baca Juga : Hati - Hati, Golongan Darah Ini Rentan Terkena Virus Corona

  1. Gunakan Uang Non tunai dan bersihkan diri

Mengenal Sistem Pembayaran Nontunai - @cgyudistira - Because Sharing is  Awesome

foto : blogger

kurangi penggunaan uang tunai dan ganti dengan uang digital. Bawa selalu kartu ATM, kartu kredit maupun dompet online untuk melakukan transaksi non-tunai di mal. Namun jika kamu terpaksa menggunakan uang tunai, jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan dengan sebaik mungkin

Hal terakhir yang kita harus lakukan adalah saat kembali kerumah jangan lakukan aktivitas lain sebelum kita mencuci tangan, mandi dan mengganti pakaian.

Itulah beberapa tips agar aman berjlan – jalan di mal, jangan lupa untuk selalu mematuhi protocol kesehatan dimanapun anda berada.

 

Editor: Resti
    Bagikan: