KPU Karawang Simulasikan Pemungutan Suara Pilkada 2020 Dengan Protokol Kesehatan Ketat

Nasional —Rabu, 25 Nov 2020 08:15
    Bagikan:  
KPU Karawang Simulasikan Pemungutan Suara Pilkada 2020 Dengan Protokol Kesehatan Ketat
KPU Karawang Simulasikan Pilkada dengan Protokol Kesehatan. (foto:asl)

KARAWANG, POSKOTAJABAR.

Saat simulasi pemungutan suara Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang sangat mengedepankan protokol kesehatan. Simulasi tersebut di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 20, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat. Pemilih yang hadir mempraktikkan tata cara pemilihan di masa pandemi dari mulai datang hingga meninggalkan TPS. Pemilih datang memakai masker langsung dicek suhu tubuh.

BACA JUGA : Walikota Cimahi Minta Sektor Pertanian Dikembangkan Lebih Kreatif


"Apabila suhunya di atas 37,3 derajat celcius, pemilih tidak bisa memasuki area utama TPS. Tapi disediakan bilik khusus," ujar Ketua KPU Karawang Miftah Farid melalui telepon, Selasa (24/11/2020).


Simulasi penerapan protokol kesehatan tersebut juga diajarkan secara langsung pada saluran Youtube KPU Karawang. Harapannya, simulasi daoat memberikan gambaran pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang.

BACA JUGA : Gara-gara Knalpot Bising, Remaja di Bandung Tewas Dikeroyok Berandalan Bermotor

"Hal-hal inilah yang menjadi pembeda, pelaksanaan pungut hitung di tengah pandemi dengan situasi normal pada pemilihan sebelumnya," kata Farid.

Selain protokol kesehatan, perhitungan suara bisa dilihat di aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap). Aplikasi tersebut mengganti metode Situng pada pemilihan sebelumnya. Meski begitu fungsinya sama.

"Fungsinya sama, untuk membantu mempublikasi hasil pemilihan dari setiap TPS, berdasarkan C Plano, sertifikat, berita acara dan lain-lain," ujar Farid.(asl)

BACA JUGAMenunggu Evaluasi Mendagri, Volume APBD Jabar 2021 Sebesar Rp 44,268 Triliun

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait