Hari H Pencoblosan Masuk Libur Nasional, Bakal Berpengaruh pada Partisipasi Pemilih

Nasional —Senin, 30 Nov 2020 21:20
    Bagikan:  
Hari H Pencoblosan Masuk Libur Nasional,  Bakal Berpengaruh pada Partisipasi Pemilih
Komisioner KPU Kabupaten Pangandaran, Maskuri Sudrajat (foto: ist)
POSKOTAJABAR, PANGANDARAN. 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangandaran, Jawa Barat merasa yakin bahwa target partisipasi pemilih pada Pilkada tahun ini akan tercapai, apalagi pas hari pencoblosan nanti ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Komisioner KPU Kabupaten Pangandaran, Maskuri Sudrajat menyebutkan,  libur nasional akan berpengaruh pada tingkat partisipasi pemilih.

"Karena masyarakat yang ada diluar Pangandaran bisa pulang mudik, untuk menyalurkan hak pilihnya, jelas ini akan berdampak positif," ujarnya kepada saat dihubungi POSKOTAJABAR, Senin (30/11/2020).

Maskuri mengatakan, pihaknya juga akan mensosialisasikan terkait hari libur nasional itu kepada masyarakat luas, terutama kepada mereka yang punya keluarga yang sedang berada di luar kota.

"Takutnya ada anggapan bahwa tanggal 9 Desember nanti hanya libur di Pangandaran saja, padahal kan di tetapkan libur se-Indonesia," terangnya.

Kata dia, masyarakat yang paling banyak merantau keluar daerah kebanyakan berasal dari Kecamatan Mangunjaya.

"Makanya kita minta bantuan badan AdHoc untuk mensosialisasikan kepada masyarakat disana," katanya.

Maskuri menyebutkan,   KPU juga akan meminta bantuan kepada Kemenag Pangandaran dan Setda Pangandaran untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk datang ke TPS pada 9 Desember mendatang.

"Kami di KPU dan jajaran dibawah akan meminta bantuan ke setiap DKM untuk mengajak masyarakat hadir ke TPS, ya pengumumannya sebelum salat Jumat," ucap Maskuri.

Dia mengatakan target partisipasi pemilih di Pilkada Pangandaran adalah 77,5 persen, mengacu pada target nasional.

"Mudah-mudahan tercapai, atau bisa lebih," harapnya.
Terkait protokol kesehatan, Maskuri menegaskan, pihaknya juga akan mensosialisasikan kepada masyarakat luas, karena saat ini Pandemi Covid-19 masih berlangsung.

"Dinas kesehatan juga sudah siap melakukan rapid test bagi pemudik yang akan datang nanti," tandasnya. (dry)
Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait