Jelang Hari Pemungutan Suara Pilkada Pangandaran, Ratusan Personel Gabungan Diterjunkan

Nasional —Selasa, 8 Dec 2020 17:02
    Bagikan:  
Jelang Hari Pemungutan Suara Pilkada Pangandaran, Ratusan Personel Gabungan Diterjunkan
Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra saat memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan Pilkada Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat yang didampingi Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani (foto: dry)
POSKOTAJABAR, PANGANDARAN.
Ratusan personel gabungan TNI-Polri dan Pemerintah serta instansi terkait melaksanakan apel pergeseran pasukan pengamanan Pilkada Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Apel menjelang hari pemungutan suara tersebut berlangsung di lapangan Grand Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Senin (07/12/2020).

Apel pergeseran pasukan tersebut diimpin langsung oleh Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra dan dihadiri oleh Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, pejabat utama Polres Ciamis, Perwira Kodim 0613/Ciamis, para Kapolsek serta Kasat Pol PP Kabupaten Pangandaran.

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra mengatakan, apel pergeseran ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan sarana dan prasarana dalam rangka menghadapi tahapan inti di Pilkada Pangandaran. 

"Saya menekankan kepada petugas untuk memahami tugas pokok yang salah satunya pelaksanaan Pilkada secara serentak tahun ini harus sukses tanpa ekses," ujar Dony kepada POSKOTAJABAR, Senin (07/12/2020).

BACA JUGA :  Peristiwa Penembakan di Tol Jakarta-Cikampek Disakiskan Warga dari Rest Area KM 50


Menurut Dony, Ada empat sasaran kegiatan operasi yang sudah berjalan dan perlu kita jaga, pertama adalah orang, individu maupun kelompok, ke dua barang ataupun bangunan, ke tiga logistik

"Pergeseran logistik harus melibatkan pengawalan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas, dan yang ke empat harus mengamankan kegiatan," terangnya.

Terkait dengan Pola pengamanan yang dilaksanakan, kata Perwira berpangkat melati dua di pundak ini, yaitu pola TPS sangat rawan, pola TPS rawan dan pola TPS kurang rawan. Sehingga masing-masing personel harus mengetahuinya dan harus di mapingkan dari sekarang. 

"Kami menekankan kepada para petugas segera bergeser ke lokasi TPS dan kenali wilayah nya serta harus mengenal petugas di TPS. Lakukan pendekatan kepada para tokoh yang ada di lokasi dan harus menjaga Netralitas, tidak ada kegiatan personel yang mengindikasikan mendukung salah satu paslon," tegasnya.

Selain itu, Dony berpesan kepada ratusan personel tetap menjaga kesehatan dan keselamatan, dan tidak lupa mengimbau kepada warga masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan demi mencegah terjadinya penularan virus Covid-19.

"Peran serta masyarakat untuk selalu menjaga situasi kamtibmas yang kondusif sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar, damai, dan kondusif serta sehat. Mari sama-sama kita sukseskan Pilkada Pangandaran yang damai dan kondusif serta sehat," ajaknya.

Dony menyampaikan, ratusan personel gabungan yang diterjunkan dalam pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Pangandaran yakni 1 SST gabungan perwira, 1 SSK gabungan TNI terdiri dari Subdempom, Kodim 0613/Ciamis, TNI AL, 1 SSK Polres Ciamis, 1 SSK gabungan Satpol PP dan Linmas Pangandaran. 

"Selain itu juga dibantu oleh 1 SSK Satuan Brimob Polda Jabar, dan 3 SSK gabungan BKO Polres Banjar Kota dan Polres Kuningan," pungkasnya. (dry)
Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait