KPU Karawang Mulai Gelar Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada 2020

Nasional —Selasa, 15 Dec 2020 18:38
    Bagikan:  
KPU Karawang Mulai Gelar Pleno Rekapitulasi Suara  Pilkada 2020
Rapat Pleno Rekapitulasi penghitungan suara KPU Karawang di Hotel Mercure. (foto:asl)

POSKOTAJABAR, KARAWANG.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang mulai menggelar Rapat Pleno terkait rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang 2020. Rapat pleno digelar di Hotel Mercure Karawang, Selasa (15/12/2020). Pelaksanaan rapat dijadwalkan KPU berlangsung hingga Rabu (16/12/2020).

 

BACA JUGA :  Puluhan Rumah Terendam Banjir, Warga Desa Sukanagara Kabupaten Pangandaran Dievakuasi

Pada hari pertama, KPU menjadwalkan 15 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk memaparkan hasil penghitungan suara Pilkada di wilayahnya masing-masing. Hari berikutnya, giliran 15 PPK lainnya menyampaikan hal yang sama.

Dalam rapat pleno tersebut, tidak sembarang orang bisa masuk ke ruang rapat. Hanya para komisioner KPU, Bawaslu, anggoata PPK masing-masing 2 orang, saksi yang diberi mandat oleh Paslon, dan segelintir awak media yang diizinkan menempati bangku  yang telah disediakan.

BACA JUGA  :  Angin Puting Beliung Terjang Pemukiman Warga di Indramayu, 22 Rumah Rusak Berat


Semuanya harus menggunakan tanda pengenal dari KPU. Selebihnya hanya bisa menyaksikan pelaksanaan rapat dari layar monitor yang disediakan panitia.
Sementara masyarakat, bisa menyaksikan hal itu melalui siaran langsung  youtube. Hingga berita ini disusun pelaksanaan rapat masih berlangsung.

BACA JUGA  :  Hilang Kendali Bus Pariwisata di Tasikmalaya Masuk Jurang

 


Ketua KPU Karawang, Miftah Farid mengatakan, tahapan penghitungan suara sudah dilaksanakan sampai dengan pleno tingkat kecamatan. Sesua PKPU No. 19 tahun 2020, setelah rekap selesai di tingkat kecamatan dilanjutkan dengan rekapitulasi tingkat kabupaten yang dijadwalkan dari 13 sampai 16 Desember 2020.

Menurut Farid, kekhawatiran akan terjadi klaster Pilkada Covid-19, sejauh ini tidak terjadi. Sebab, pihak KPU bersama Satgas Penanggulangan Covid-19 juga Bawaslu sudah mengantisipasi hal itu sejak awal.

 

BACA JUGA  :  Awas Hati-Hati ! Jalan Angsana Gunung Kelir Kecamatan Pamarican Ciamis Amblas

Farid berharap, rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara bisa berjalan secara detail dan transparan. Karena proses rapat pleno disiarkan langsung di chanel Youtube KPU Karawang.

"Rapat ini kami siarkan langsung melalui chanel yuotube KPU Karawang. Ini dilakukan untuk mencermikan keterbukaan informasi dan transparansi," ujarnya.

BACA JUGA : Penemuan Harta Karun Menghebohkan Warga, Sempat Jadi Rebutan Hingga Pemerintah Daerah

Menurut Farid, dalam rapat tersebut turut  perwakilan KPU Jawa Barat, Dr Idham Kholik, Bawaslu Jabar Zaki Hilmi, Forkopimda Karawang, para saksi pasangan calon, juga lembaga pemantau Pemilu, seperti KIPP, DEEP, dan Pelita Sayap Putih.(asl)

 

BACA JUGA  : Sebut Kapolda dan Pangdam Jaya Lakukan Pembunuhan Terencana Syuhada, Pria 40 Tahun Ditangkap

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait