8 Kebiasan yang Menyebabkan Ginjal Rusak, Salah satunya Sering Duduk

Kesehatan —Kamis, 17 Dec 2020 12:46
    Bagikan:  
8 Kebiasan yang Menyebabkan Ginjal Rusak, Salah satunya Sering Duduk
Ginjal - sumber foto Halodoc

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Ginjal memiliki fungsi untuk membuang racun dalam tubuh. Beberapa kebiasaan sehari-hari dapat merusak ginjal.

Memiliki kebiasaan sehari-hari yang baik tentu akan berdampak baik pula bagi kesehatan. Namun, jika kebiasaan baik tak dilakoni, jangan heran jika Anda mudah terkena sakit.


Berikut ini 8 Kebiasaan yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari – hari dapat menyebabkan penyakit ginjal

BACA JUGA : Ramalan Zodiak Besok, Jumat 18 Desember 2020, Taurus Ingin Dimanja, Libra Jatuh cinta Lagi

1. Bergadang


Bekerja itu memang penting namun jangan sampai membuat kamu tidak tidur selama 24 jam. Bukanya ingin untung malah merusak tubuh kamu sendiri. Kebiasaan bergadang memicu tubuh lebih rentan terhadap penyakit, tak terkecuali pada ginjal. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur dan bangun selama 24 jam. Maka, istirahat di malam hari sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

2. Kurang Minum


Meminum cukup air apalagi air putih akan membantu membersihkan ginjal dari racun tubuh. Kebiasaan ini juga dapat menghindari Anda dari penyakit batu ginjal. Dalam sehari, Anda dianjurkan untuk minum 1,5 hingga 2 liter air mineral.

3. Terlalu banyak minum obat nyeri


Jika anda sering merasa pusing atau nyeri pada bagian tubuh tertentu, kamu di harapkan untuk tidak bergantung pada obat- obatan, Beberapa obat memang diketahui dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh. Namun, obat bisa berakibat fatal jika dikonsumsi secara berlebihan. Terlebih, jika Anda memiliki gangguan pada ginjal.

BACA JUGA :  Dua Tahun Hilang, Ternyata Sang Adik Telah Tewas Dibunuh Sopir

4. Minum Alkohol berlebih


Alkohol memang tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumi berlebih, Jika Anda seorang peminum berat, Anda bisa memiliki risiko penyakit ginjal kronis. Ditambah, jika Anda juga seorang perokok aktif, ini akan meningkatkan peluang lima kali lipat untuk terserang penyakit ginjal.

5. Merokok


Kebiasaan merokok juga menjadi salah satu penyebab ginjal kamu rusak, Selain merusak jantung dan paru-paru, kebiasaan merokok juga dapat merusak ginjal. Ini disebabkan karena perokok cenderung memiliki protein dalam urine yang bisa berbahaya bagi ginjal.jika kamu perokok berat ceoat kurangi kebiasaan itu.

6. Konsumsi Gula


Gula bukan hanya menyebabkan penyakit diabetes namun juga bisa menyebabkan penyakit – penyakit lainya, Mengonsumsi gula secara berlebih menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko darah tinggi serta diabetes. Penyakit-penyakit itu, secara tidak langsung, membuat ginjal tak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

7. Konsumsi Makanan Instan


Orang yang mengidap penyakit ginjal dianjurkan untuk membatasi kandungan fosfor dalam makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu, orang dengan gangguan ginjal sangat dianjurkan untuk menghindari makanan instan.

8. Terlalu lama duduk

Lowongan Kerja Poskota Jabar, Poskota Jateng dan Poskota Jatim Desember 2020 - Januari 2021


Untuk kamu yang sering bekerja dalam keadaan duduk kamu juga harus memperhatikan kebiasaan yang satu ini, Duduk diam dalam waktu yang cukup lama berpotensi merusak ginjal. Walaupun peneliti belum menemukan alasannya, tapi diketahui bahwa aktivitas fisik dapat berdampak pada kesehatan ginjal.

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait