8 Tips Menghadapi Teman yang Toxic, Jangan Sampai Merugikanmu

Kesehatan —Rabu, 23 Dec 2020 12:58
    Bagikan:  
8 Tips Menghadapi Teman yang Toxic, Jangan Sampai Merugikanmu
Teman Toxic. Sumber foto Unplash

POSKOTAJABAR

8 Tips Menghadapi Teman yang Toxic, Jangan Sampai Merugikanmu - Pernah dengar istilah toxic? Toxic, istilah ini mulai kita dengar dari media sosial yang sering kali menggaungkan istilah toxic people atau toxic relationship. Dalam bahasa Inggris toxic artinya racun. 

BACA JUGA  :  Enam Rekan TA Akan Diperiksa Terkait Prostitusi Online

8 Tips Menghadapi Teman yang Toxic, Jangan Sampai Merugikanmu - Secara umum toxic adalah sebutan bagi orang atau hubungan yang menggangu alias racun. Toxic people adalah mereka yang bisa memberikan energi negatif dan membuat mu merasa tidak berarti.

Sementara toxic relationship atau hubungan beracun mengacu kepada istilah untun menggambarkan hubungan yang tidak sehat yang dapat berdampak buruk baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Ciri-ciri toxic sebagai berikut : 

1. Playing victim untuk menyalahkan orang lain.

2. Mencari perhatian lewat drama. Jika ada masalah yang bisa diselesaikan maka dia akan dengan sigap mengungkit masalah yang baru.

3. Julid di media sosial. Senang berkomentar negatif di media sosial tanpa mencari kebernarannya adalah salah satu ciri orang toxic selanjutnya.

4. Hobi memotong pembicaraan orang lain.

5. Dikutip dari kreativ id, ciri toxic selanjutnya adalah Curhat sampai habis-habisan tanpa memikirkan perasaanmu juga. Bahkan mereka yang toxic nggak akan menanyakan bagaimana kabarmu, karena mereka hanya fokus pada keresahan yang ingin mereka tumpahkan kepadamu.

BACA JUGA : Beberapa Negara Membatalkan dan Menutup Penerbangan ke Inggris Menyusul Ditemukannya Virus Corona Baru

Sangat menjengkelkan bukan orang seperti itu? Nah, bagaimana sifat toxic itu menjangkit temanmu? Berikut ini cara menghadapi teman yang toxic. 

1. Batasi Interaksi. 

2. Ketika teman toxic mulai membahas hal-hal negatif, segeralah pergi.

3. Berusaha lah netral. Cobalah untuk netral dan tidak membenarkan pendapatnya.

4. Kontrol Nada bicara anda. Orang toxic biasanya menyukai bila anda tersulut emosi.

5. Hilangkan rasa kasihan. Biasanya orang toxic senang memanfaatkan rasa kasian Anda.

6. Belajarlah tegas. Belajarlah untuk menolak dengan tegas segala ajakan, obrolan atau hal-hal negatif yang muncul dari teman toxic.

7. Jangan ragu Marah. 

8. Maafkan tapi jangan lupakan. Maafkan tetapi katakan padanya dengan jelas kalau Anda tidak suka dengan sifatnya yang itu dan mulai jauhi dia. (RIN)

tips, menghadapi, teman toxic, tooxic

Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait