8 Tips Menjadi Pemimpin yang Baik Untuk Karyawan Milenial

Kesehatan —Rabu, 23 Dec 2020 13:29
    Bagikan:  
8 Tips Menjadi Pemimpin yang Baik Untuk Karyawan Milenial
Menjadi pemimpin kaum milenial

POSKOTAJABAR

Istilah Milenial menjadi trending topic dibanyak kanal media sosial saat ini. Kaum Milenial adalah mereka yang lahir pada rentan tahun 1990-an hingga awal 2000-an. Dikutip dari Wikipedia, peneliti mengatakan bahwa kaum Milenial adalah kelompok demografi setelah generasi X. 

Karakteristik Milenial berbeda-beda berdasarkan wilayah dan kondisi sosial-ekonomi. Namun, generasi ini umumnya ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital. Di sebagian besar belahan dunia, pengaruh mereka ditandai dengan peningkatan liberalisasi politik dan ekonomi; meskipun pengaruhnya masih diperdebatkan.

BACA JUGA : Beberapa Negara Membatalkan dan Menutup Penerbangan ke Inggris Menyusul Ditemukannya Virus Corona Baru

Hal yang paling menonjol dari kaum Milenial adalah mereka tumbuh di dunia dengan perkembangan teknologi informasi dan berbagai kemudahan yang lainnya. Namun, kemudahan yang didapat kaum Milenial juga membawa dampak lain. 

Menurut survei YouGov, sebuah perusahaan riset pasar dan analisis data asal Inggris. Dalam survei tersebut, terungkap bahwa remaja yang beranjak dewasa di abad 21 lebih kesepian dibandingkan generasi X dan Baby Boomers. Dari survei tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa kaum milenial mengatakan mereka tidak punya teman, 27 persen tidak punya teman dekat dan 30 persen lainnya tidak punya teman baik.

Menurut peneliti Melissa Hunt, peneliti utama studi tersebut mengatakan semakin tinggi jumlah pengguna media sosial biasanya menunjukan penurunan yang signifikan dalam perasaan depresi dan kesepian.

Menjadi Seorang Pemimpin Millenial, Berikut 4 Tips yang Bisa Dilakukan

(foto : Unplash)

Nah, bicara soal dunia kerja, saat ini dunia pekerjaan didominasi oleh kaum milenial. Dikutip dari Proxsis, dalam menggambarkan generasi milenial, banyak orang-orang yang memberikan stigma negatif terhadap generasi ini. Ada yang bilang “kaum milenial adalah orang yang egois dan tidak mau bersusah payah”, ada juga yang bilang bahwa “anak milenial tidak bisa hidup dalam tekanan”, dan beberapa stigma negatif lainnya.

Sebagai seorang pemimpin kaum milenial, kamu harus menyadari bahwa karateristik kaum milenial berbeda dengan kaum lainnya. Seorang pemimpin harus dapat beradaptasi dengan apa yang akan kamu hadapi.

BACA JUGA  :  Enam Rekan TA Akan Diperiksa Terkait Prostitusi Online

Berikut 8 Tips Menjadi Pemimpin yang Baik Untuk Karyawan Milenial

1. Menjadi Pemimpin bukan Bos. Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk menjadi pelatih adalah dengan fokus pada pemberdayaan karyawan.

2. Berikan maksud, tujuan yang jelas, memberikan struktur dasar dan memberikan bimbingan pada karyawan. Sebagai seorang pemimpin milenial, kamu harus tahu tujuan jangka panjang perusahaan kamu.

3. Bangun komunikasi kekeluargaan yang erat. 

4. Beri kesempatan untuk belajar dan bereksplorasi.

5. Seorang pemimpin yang baik bagi karyawan Milenial adalah dia yang mampu menanamkan rasa percaya diri dengan memiliki visi dan misi yang jelas. 

6. Jadilah panutan yang kuat bagi kaum milenial.

7. Generasi milenial memiliki kemampuan yang sangat baik serta keterampilan yang canggih, terutama dalam menggunakan teknologi. Nilai positif ini perlu digunakan oleh para pemimpin yang baik dalam membimbing karyawan milenial mereka untuk saling berkolaborasi dan membentuk kesatuan anggota tim yang kuat, yang saling memotivasi satu sama lain. 

8. Selalu update dengan teknologi. Sebagai pemimpin milenial yang baik kamu harus update dengan teknologi yang ada. Sehingga tingkat kepercayaan kaum milenial terhadap mu semakin erat. (RIN)



Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait