Bikin Paspor di Kantor Imigrasi Sukabumi Bisa Selesai Dalam Satu Hari

Jawa Barat —Selasa, 5 Jan 2021 18:11
    Bagikan:  
Bikin Paspor di Kantor Imigrasi Sukabumi Bisa Selesai Dalam Satu Hari
Petugas Kantor Imigrasi Sukabumi Saat Melayanai Pemohon Paspor. (foto:hendra)

POSKOTAJABAR.SUKABUMI.

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi memberikan kemudahan dalam permohonan paspor dengan cepat dan mudah. Mulai dari pendaftaran, pembayatan, hingga pengambilan paspor, bisa dilakukan dalam jangka satu hari saja.

"layanan paspor cepat dan mudah tanpa antrean juga tidak perlu daftar online terlebih dahulu," ujar Kepala Subseksi Informasi dan Komunikasi, Karlyn Ambarwati, kepada POSKOTAJABAR, Selasa (05/01/2020).



BACA JUGA : Mantan Personel Trio Macan, Chacha Sherly Alami Kecelakaan Beruntun di Semarang




Caranya cukup mudah, jelas Karlyn, pemohon hanya tinggal datang ke Kantor Imigrasi sebelum pukul 10:00 WIB dengan membawa persyaratan seperti, e-KTP, KK, Akte lahir, Ijazah, dan Buku nikah.

"Layanan ini buka dari Senin hingga Jum'at. Kuatanya hanya lima pemohon per hari," kata dia.

Karlyn melanjutkan, biaya untuk pemohon layanan percepatan paspor 1 hari jadi hanya sebesar Rp 1.350.000 sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2019 tentang perubahan jenis dan tarif atas PNPB.

"Pemohon bisa datang langsung ke Kantor Imigrasi, kemudian menuju ke loket informasi, nanti  dari loket informasi dikasih formulir," bebernya.







Selain layanana paspor cepat, sambung Karlyn, Kantor Imigrasi Sukabumi juga menyesiakan layanan Eazy Passport. Melalui program ini, pemohon dari berbagai wilayah tidak perlu datang ke kantor imigrasi.

"Jadi, Easy paspor ini  kami yang mendatangi pemohon di perkantoran, sekolah, kampus, pesantren hingga instansi pemerintah, ini sesuai dengan surat Dirjen untuk malakukan pelayanan, dan untuk mengurangi kerumunan di imigrasi," ucapnya.



BACA JUGA :  Sering Resahkan Pengguna Jalan, Belasan Anak Punk di Indramayu Dirazia


Karlyn menuturkan, cara mengikuti program itu pemohon tinggal membuat surat kepada kantor imigrasi, setelah itu petugas langsung mendatangi pemohon bersama petugas pembuat paspor.

"Setelah mereka melakukan pemohonan untuk malaksanakan program ini di kantor nya, kami membawa petugas kami, seperti petugas foto wawancara, cam, entri hinggga pejabat struktural juga hadir untuk mengawasi kegiatan ini," katanya.



BACA JUGA : Pemerintah Harus Tegas Sikapi Drone Mata-mata di Perairan Indonesia

 




Meskipun petugas yang datang, lanjut Karlyn, persyaratan untuk pembuatan paspor tetap sama tidak ada dispensasi apapun. Untuk pengambilan paspor tetap dilakukan di kantor imigrasi.

"Jika persyaratannya  tidak lengkap, kita tidak akan acc dan prosesnya tetep 3 hari kerja setelah. Untuk layanan eazy pasport Kantor Imigrasi Sukabumi membatasi 50 pemohon per hari," pungkasnya. (Hendra)  

BACA JUGA : Tahap Pertama, Jawa Barat Dijatah 97 Ribu Vaksin, untuk 44 Ribu Nakes

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait