Tak Hanya Jack MA, Berikut Daftar Orang Yang Hilang Usai Kritik Pemerintah Cina

Jawa Barat —Rabu, 6 Jan 2021 14:53
    Bagikan:  
Tak Hanya Jack MA, Berikut Daftar Orang Yang Hilang Usai Kritik Pemerintah Cina
Jack Ma menghilang usai lontarkan kritik atas Pemerintah Cina. (Ist)

POSKOTAJABAR,BANDUNG


Pemilik bisnis e-commerce terbesar Alibaba, Jack Ma, sudah sebulan lebih tidak muncul di hadapan publik.

Menghilangnya Jack Ma sontak membuat banyak pihak geger, bahkan menghilangnya Jack Ma sudah menjadi isu Internasional.

Banyak pihak menyakini, bahwa ia tidak lagi muncul di hadapan publik akibat kritik pedasnya terhadap Pemerintah Cina di Bund Summit, Shanghai pada Oktober lalu.

Pada momen itu, Jack Ma menyebut system keuangan Cina beserta seluruh aktivitas operasional bank-bank local sudah using dan bermental layaknya toko pergadaian.


Baca juga : Sinopsis Ikatan Cinta, Rabu 6 Januari 2021, Andin Tahu Roy Adik Aldebaran, Kiki Mendapatkan Hati Rendy


Kritik pedas Jack Ma tersebut sampai ke telinga Presiden Cina Xi Jinping yang kabarnya marah besar atas pernyataan pemilik bisnis e-commerce yang menggurita itu.

Entah disadari atau tidak, Jack Ma melontarkan kritik pedas saat situasi Cina memang tengah memanas akibat kondisi perekonomian negeri tirai bambu itu belum kembali perkasa.

Lontaran kritik Jack Ma di Bund Summit itu menjadi yang terakhir ia terlihat sebelum menghilang dari media sosial maupun di hadapan publik.

Namun ternyata, kasus menghilangnya Jack Ma bukan kali pertama terjadi di Cina. Banyak sosok berpengaruh lain yang menghilang usai mengkritik atau tidak sepihak dengan Pemerintah Cina. Berikut beberapa daftarnya:

  1. Dong Yaoqiong

Salah satu aktivis Cina, Dong Yaoqiong, menghilang pada Juli 2018 lantaran meneteskan tinta ke poster Presiden Cina Xi Jinping.

  1. Xiao Jianhua

Jianhua juga merupakan aktivis yang cukup vocal memperjuangkan demokrasi dan mengkritik Pemerintah Cina. Ia sudah berjuang sejak tahun 80-an hingga sempat dinyatakan hilang pada 2017.


BACA JUGA  : Oknum Satpol PP Kabupaten Cianjur Diduga Lakukan Penipuan


  1. Lu Guang

Lu Guang mengkritik pihak Pemerintah Cina dengan memotret berbagai foto-foto yang memperlihatkan ketimpangan ekonomi, kekejaman apparat, polusi, hingga perusakan lingkungan di Cina.

  1. Meng Hongwei

Selanjutnya ialah Hongwei, ia dinyatakan menghilang pada tahun 2018, tak lama setelah kembali ke Cina usai menyelesaikan tugasnya di Interpol. Setelah ia menghilang, Pemerintah Cina menyebut Hongwei terlibat kasus suap.


Baca juga : Sinopsis Ikatan Cinta, Rabu 6 Januari 2021, Andin Tahu Roy Adik Aldebaran, Kiki Mendapatkan Hati Rendy


  1. Ren Zhiqiang

Yang satu ini senasib dengan Jack Ma, Ren Zhiqiang adalah figur pebisnis terkenal di Cina. Ia dikenal sebagai taiban bisnis property dengan julukan The Cannon karena mulutnya yang pedas. Zhiqiang menghilang pada Maret 2020 lalu setelah menyebut Xi Jinping sebagai “badut yang haus kuasa” dalam esainya.

Itulah daftar nama-nama orang yang hilang usai kritik Pemerintah Cina. Bagaimana menurutmu? Apakah ini hanya kebetulan atau memang saling berhubungan. (tha)/poskota.co.id

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait