8 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Terbanyak

Pendidikan —Rabu, 6 Jan 2021 16:18
    Bagikan:  
8 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Terbanyak
Ilustrasi Foto dari Unsplash

POSKOTAJABAR, BANDUNG 


Memilih jurusan kuliah memerlukan banyak pertimbangan. Mulai dari minat, hobi, potensi, peluang, finansial, dan lain-lain. Pertimbangan ini dilakukan bukan hanya karena keinginan tapi juga jurusan yang dipilih memiliki jenjang karir yang meyakinkan.

Sebagian dari kita mengharapkan masuk jurusan-jurusan popular seperti Ekonomi, Kedokteran, atau Manajemen. Alasannya, karena sebagian dari mereka percaya bahwa jurusan itu dapat membawa mereka ke masa depan yang lebih baik. Padahal, perkembangan jaman semakin besar teknologi dan informasi semakin berkembang. Tidak semua lulusan dari jurusan itu dapat diserap tenaga kerjanya atau kuotanya sudah penuh.


Baca Juga: Agnez Mo Mendapatkan Tawaran Tampil di Kelap Striptis dengan Bayaran 1 M, Ini Tanggapanya


Berikut ini, 8 jurusan kuliah dengan peluang kerja terbanyak


  1. Sastra Inggris

Sastra Inggris merupakan bidang ilmu yang mempelajari Bahasa Inggris dari sisi sastra dan linguistic secara lebih mendalam. Lulusan jurusan ini bisa menjadi tenaga pengajar di dunia Bahasa Inggris. Dunia pariwisata juga sangat membutuhkan tenaga ahli dibidang ini untuk pemandu wisata turis luar negeri di Indonesia. Bahkan alumnus Sastra Inggris akan dilirik dunia percetakan sebagai penulis atau editor.

Rekomendasi Universitas terbaik untuk jurusan Sastra Inggris, Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

 

  1. Pendidikan Dokter

Program studi Pendidikan Dokter adalah salah satu prodi yang mempelajari ilmu medis contohnya mengenai penyakit serta cara cara penyembuhannya. Tamatan jurusan ini akan meneruskan keahilannya menjadi seorang dokter. Menjadi dokter tentu saja menjadi sebuah pekerjaan yang akan terus menerus dibutuhkan. Selain peluang kerja yang banyak, dokter juga memiliki pendapatan yang terbilang besar dan amat menjanjikan.

 

Rekomendasi Universitas terbaik untuk jurusan Kedokteran yaitu, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada.


Baca juga Sinopsis Ikatan Cinta, Rabu 6 Januari 2021, Andin Tahu Roy Adik Aldebaran, Kiki Mendapatkan Hati Rendy

 

  1. Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi merupakan studi yang mempelajari komunikasi dari berbagai bidang dan tingkatan. Para lulusan ini memiliki peluang kerja banyak dan luas. Berprofesi di industry kreatif yang merupakan salah satu industri yang akan sangat berkembang di masa depan.

 

Berikut contoh kampus terbaik bagi Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya.


  1. Ilmu Ekonomi

Studi ilmu ekonomi atau dalam dunia perkuliahan biasa disebut sebagai Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mempelajarai bagaimana mengoptimalkan sumber daya dan diajarkan isu-isu pembangunan social ekonomi. Sarjana  Ilmu Ekonomi memiliki lapangan pekerjaan yang sangat luas seperti bidang pekerjaan Akuntan, manager, auditor, atau informan. Bidang pekerjaan tersebut sangat diperlukan di masa depan.

 

Rekomendasi kampus untuk Ilmu Ekonomi terbaik di Indonesia seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Sumatera Utara.

 

  1. Teknik Mesin dan Informatika

Teknik mesin dan teknik informatika adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk perancangan dan pemeliharaan sebuah system mekanik guna menangani masalah transformasi. Peluang kerja untuk teknisi ilmu ini sangat banyak dan akan terus bertambah. Terutama perusahaan-perusahaan besar akan sangat membutuhkan tenaga kerja dibidang ini.

 

Rekomendasi universitas bagi Teknik Mesin dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Universitas Indonesia.


Baca juga : Gilang Dirga Positif Covid-19, Isolasi Mandiri di Kantornya

 

  1. Arsitektur dan Sipil

Meskipun mempelajari bidang yang sama yaitu merancang sebuah bangunan, tetapi Arsitektur dan Teknik Sipil mempunyai perbedaan. Salah satu yang membedakannya teknik sipil membuat struktur bangunan yang kokoh dan ekonomis sedangkan arsitektur memperhatikan estetikanya.

 

Berikut rekomendasi kampus untuk jurusan Arsitektur dan Teknik sipil terbaik, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Brawijaya.

 

  1. Aktuaria

Aktuaria atau biasa disebut Matematika Asuransi adalah prodi yang mempelajari tentang asuransi alias pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Setelah mendapatkan gelar sarjana aktuaria, kalian akan bekerja sebagai aktuaris, dimana mencakup pekerjaan seperti  pemeriksa, penyelidik, atau penaksir klaim dan asuransi property, agen penjualan asuransi dan surveyor risiko asuransi.

 

Instititut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, dan Universitas Unpad adalah rekomendasi Kampus terbaik untuk jurusan Aktuaria ini.

 

  1. DKV (Desain Komunikasi Visual)

Bidang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen visual untuk menyampaikan suatu pesan tertentu. Prospek kerja atau peluang kerja bagi lulusan ini sangatlah menjanjikan. Kalian akan bekerja di bidang industry kreatif dengan profesi seperti periklanan, konsultan branding, pengembang website, desainer produk komersil, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi kampus untuk prodi Desain Komunikasi Terbaik, Institut Teknologi Bandung, Institut Seni Yogyakarta, dan Universitas Sebelas Maret.

 

Itulah rangkuman 8 jurusan kuliah dengan peluang kerja terbanyak. Tetapi harus disesuaikan dengan minat dan bakat kamu masing masing ya! (tata)

 

Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait