8 Hal yang Akan Kamu Alami Ketika Menjadi Mahasiswa Jurusan Sejarah

Pendidikan —Kamis, 7 Jan 2021 16:38
    Bagikan:  
8 Hal yang Akan Kamu Alami Ketika Menjadi Mahasiswa Jurusan Sejarah
Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam UIN Bandung angkatan 2015, foto diambil pada tahun 2019 sebelum masa pandemi Covid-19 (sumber foto : istimewa)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah jurusan sejarah atau baru mau masuk jurusan kuliah sejarah, tentunya kamu akan menghadapi beberapa hal yang tidak biasa sebelumnya.

Sebagai adaptasi, berikut POSKOTAJABAR rangkum 8 hal apa saja yang akan dialami ketika menjadi mahasiswa jurusan sejarah dilansir dari berbagai sumber.  

 

  1. Mahasiswa Jurusan Sejarah Harus Bisa dan Terbiasa Menulis Panjang Lebar

Pengalaman penulis ketika bersekolah di jurusan sejarah, ketika menghadapi ujian, kamu hanya akan diberikan sedikit pertanyaan, namun bercabang. Dan kebanyakan akan ditulis secara panjang dan bercerita. Seperti contoh soal berikut, “jelaskan secara rinci bagaimana terjadinya Peristiwa 10 November beserta tokoh-tokoh yang terlibat disana.”

 

  1. Wawancara

Salah satu bagian penting dalam mengetahui peristiwa yang terjadi adalah dengan mewawancarai pelaku peristiwa tersebut. Kamu nanti minimal akan mewawancarai satu tokoh baik untuk tugas kuliah atau juga skripsi.

 

 

BACA JUGA:  Pemkot Bandung Menerima Bantuan Wastafel dan Masker dari PHC untuk Penanganan Covid-19

 

 

  1. Diejek Susah Move On

Jurusan sejarah identik dengan peristiwa masa lalu, dan beberapa temanmu di jurusan lain mungkin akan mengejekmu sebagai seseorang yang susah lupa dengan kenangan masa lalunya atau disebut susah move on.

 

  1. Punya Banyak Buku

assorted books on wooden table photo – Free Book Image on Unsplash

(foto:unsplash)

Mahasiswa sejarah akan dituntut untuk memperkaya sumber dengan banyaknya buku-buku bacaan dan kamu nantinya akan banyak menemukan buku-buku menarik yang mungkin sebelumnya belum kamu baca sebelum masuk jurusan sejarah.

 

 

BACA JUGA:  Sopir Chacha Sherly Eks Trio Macan Ditetapkan Sebagai Tersangka Kecelakaan di Semarang

 

 

  1. Sering Menulis Makalah

Selain beberapa tugas diatas, menulis makalah juga akan menjadi salah satu agenda rutin mahasiswa sejarah dalam melatih tulisannya. Nantinya hasil makalah kamu beberapa akan dipublish mandiri di website digital.

 

  1. Sering Jalan-jalan

Salah satu hal menyenangkan yang akan kamu alami ketika menjadi mahasiswa sejarah adalah sering jalan-jalan ke tempat lain, baik itu tempat bersejarah, museum, wisata, rumah ibadah dan lain-lain. Selain menulis laporan, biasanya mahasiswa jurusan sejarah milenial akan diberikan tugas berupa membuat film dokumenter.

 

  1. Lebih Sering ke Museum

Selain kamu akan diakrabkan dengan buku dan kisah masa lalu, mengunjungi museum akan lebih sering dari biasanya. Selain dituntut untuk tugas, mengunjungi museum juga bermanfaat untuk menambah relasi kamu untuk kedepannya.

 

  1. Belajar Bahasa Belanda

Selain Bahasa Indonesia dan Inggris, biasanya mahasiswa jurusan akan belajar Bahasa Belanda dasar-dasarnya saja selama beberapa semester. Selain itu kita akan belajar menerjemahkan teks-teks kuno Bahasa Belanda yang ditinggalkan oleh Kolonial Belanda di masa lalu.

Itulah sedikit daripada pengalaman menjadi mahasiswa jurusan sejarah. Tentunya dengan doa dan semangat, nantinya ada beberpa hal menyenangkan dan terduga lainnya selama menjadi mahasiswa jurusan sejarah. (dikinsen)

 

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait