Abu Bakar Ba'asyir Keluar dari Penjara Hanya Dijemput Keluarga, Begini Penjelasan Kalapas

Jawa Barat —Jumat, 8 Jan 2021 14:32
    Bagikan:  
Abu Bakar Ba'asyir Keluar dari Penjara Hanya Dijemput Keluarga, Begini Penjelasan Kalapas
Kalapas Gunung Sindur, Muji, dan petugas lapas mengantarkan Abu Bakar Ba'asyir beserta keluarga saat bebas murni. (ist)

POSKOTAJABAR, JAKARTA.

Abu Bakar Ba'asyir Keluar dari Penjara Hanya Dijemput Keluarga, Begini Penjelasan Kalapas - Setelah menjalani hukuman 15 tahun di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jumat (8/1/2021) WIB subuh, terpidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir (ABB) resmi bebas.

Abu Bakar Ba'asyir Keluar dari Penjara Hanya Dijemput Keluarga, Begini Penjelasan Kalapas - Berdasarkan informasi yang diperoleh Poskota.co.id, Abu Bakar Ba'asyir telah menghirup udara segar dan selanjutnya meninggalkan lapas tersebut sekitar pukul 05.21 WIB. ABB hanya didampingi pengacara dan keluarga, total lima mobil pribadi jenis minibus yaitu di antaranya mobil ambulans pribadi yang di dalamnya berisi ABB.

Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah itu meninggalkan lapas mengenakan pakaian agamis panjang serba putih, kacamata, dan masker di dalam sebuah kendaraan minibus Hyundai dengan plat nomor daerah yaitu AD 1138 WA. Tanpa ada pengawalan khusus.

 


BACA JUGA : Gisel Sudah Minta Maaf, Sang Pelapor Pitra Romadoni Ancam Polisikan Warganet yang Masih Menghujat


 

Selain itu lima kendaraan pribadi pada barisan nomor dua ditumpangi ABB dengan didahului oleh mobil ambulans di depannya.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait yakni Polres, Kodim dan Gugus Tugas jika sudah di luar untuk tidak ada kerumunan, atau nanti bisa jadi masalah baru," ujar Kalapas khusus kelas IIA Gunungsindur, Mujiarto akrab disapa Muji ini kepada wartawan saat dikonfirmasi.

Sementara itu, menurut Muji, petugas lapas mengantarkan ABB hanya sampai pintu gerbang keluar dan sudah bebas murni.

"Petugas kami mengantarkan ABB sampai pintu gerbang keluar. Setelah itu, keputusan dikembalikan kepada keluarga. Karena ini pembebasan murni,” katanya.

 


BACA JUGA : Donald Trump Terancam Dipecat dari Jabatan Presiden Amerika akibat Kerusuhan di Depan Gedung Capitol

 


Total Pidana 15 Tahun

Total pidana ABB 15 tahun, dengan rangkaian penahanan mulai dari Lapas Pasir Putih lalu pada tahun 2016 akhirnya dikirim ke Lapas Gunungsindur. Sedangkan remisi total seluruhnya 56 bulan di antaranya remisi umum, 17 agustusan, Idul Fitri, Dasawarsa dan remisi hakim berkepanjangan.

Sebelumnya, Abu Bakar Ba'asyir terdakwa kasus secara sah dan meyakinkan menggerakkan orang lain dalam penggunaan dana untuk melakukan tindak pidana terorisme lalu pernah memberikan pelatihan militer di bukit Jalil Jantho, Aceh. Pada 2011 Ba'asyir divonis majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan selama 15 tahun hukuman penjara hingga sampat tingkat kasasi. (angga/ys)

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait