Login dtks.kemensos.go.id Untuk Program Keluarga Harapan Dapatkan Uang Rp 300 ribu dari Pemerintah

Jawa Barat —Sabtu, 9 Jan 2021 12:36
    Bagikan:  
Login dtks.kemensos.go.id Untuk Program Keluarga Harapan Dapatkan Uang Rp 300 ribu dari Pemerintah
Login dtks.kemensos.go.id (ist)

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Program Keluarga Harapan alias PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat.

Dikutip dari laman Kementerian Sosial (Kemensos), targetnya, bantuan tunai PKH menjangkau 10 juta keluarga penerima manfaat dengan total anggaran Rp 28,71 triliun.

Pencairan dilakukan setiap 3 bulan sekali atau cair setahun 4 kali. Dengan demikian, bansos PKH akan diberikan pada Januari, April, Juli dan Oktober 2021.

Proses pencairannya melalui Bank Himbara, yaitu BNI, BRI, Mandiri dan BTN. Lantas, bagaimana cara mengecek apakah Anda menjadi penerima bansos PKH? Pengecekan dilakukan laman terpadu milik Kemensos cekbansos.siks.kemensos.go.id.

BACA JUGA :  PSBB Kota Bandung Semakin Ketat, Pengawasan dan Penindakan akan Lebih Tegas Dilakukan

Untuk mengecek apakah Anda menjadi penerima bansos tunai Rp 300 ribu ini, Anda bisa mengecekanya di laman kemensos, dtks.kemensos.go.id.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke login dtks.kemensos.go.id atau LINK INI.

2. Lalu pilih ID Kepesertaan DTKS/NIK.

3. Ketik nomor kepesertaan ID dalam DTKS/NIK.

4. Masukkan nama sesuai ID/KK.

5. Klik cari untuk menyesuaikan ID dan nama yang diinput.

6. Hasil pencairan akan menampilkan apakah Anda terdaftar di DTKS dan terdapat keterangan apakah menjadi penerima BST atau tidak.

BACA JUGA :  P2TP2A Kabupaten Bandung Barat di Awal Tahun Terima Dua Pengaduan Pelecehan Anak Dibawah Umur

Jika nama tidak ada dalam database, situs DTKS akan memberi keterangan, "Data tidak ditemukan, periksa kembali ID dan Nama..!"

Cara Mencairkan Bansos Tunai Rp 300 Ribu

Bagaimana cara mencairkan bansos Rp 300 ribu?

Surat undangan ini berisi barcode serta informasi dasar penerima bantuan. Surat undangan tersebut wajib dibawa ke kantor pos terdekat, biasanya level kecamatan untuk mencairkan bantuan.

BACA JUGA : Bedanya Gejala Tifus dan Covid-19, Kamu Harus Tahu

Biasanya, kantor pos memiliki jadwal tersendiri dalam pencairan bantuan untuk menghindari kerumunan. Oleh karenanya, masyarakat diminta datang pada waktu yang telah ditetapkan.

Saat ke kantor pos, masyarakat wajib membawa surat undangan serta KTP atau Kartu Keluarga (KK). Jangan lupa untuk memakai masker.

Setiba di kantor pos, tunggullah giliran untuk mencairkan bansos Rp 300 ribu. Setelah menunjukkan KTP atau KK serta surat undangan, petugas akan men-scan barcode pada surat undangan.

Masyarakat akan langsung mendapat bansos Rp 300 ribu. Tidak ada potongan apapun saat mencairkan dana bansos Rp 300 ribu di kantor pos. (RIN)

Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait