Rp 100 Miliar Disiapkan Bank Bjb untuk Bantu 7 Ribu Petani Karawang Tanpa Bunga Pinjaman

Jawa Barat —Minggu, 10 Jan 2021 19:00
    Bagikan:  
Rp 100 Miliar Disiapkan Bank Bjb untuk Bantu 7 Ribu Petani Karawang Tanpa Bunga Pinjaman
Kepala BJB Cabang Karawang, Arfandi (kedua kanan) saat mensosialisasikan program KUR Super Mikro. (foto:asl)


POSKOTAJABAR, KARAWANG.

Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Karawang menyiapkan dana sebesar Rp 100 miliar dalam bentuk bantuan pinjaman berupa KUR Super Mikro bagi 7 ribu petani di Kabupaten Karawang tanpa dikenakan bunga pinjaman. Petani hanya membayar administrasi dan pinjaman dibayar setiap panen.

"Di tengah pandemi Covid-19, pasti banyak sektor ekonomi yang terpukul. Untuk itu kami ingin menumbuhkan sektor ekonomi rakyat melalui program Super Mikro KUR untuk petani. Dengan program ini kami harapkan petani bisa mandiri dan berdikari dalam situasi yang sulit saat ini," kata Kepala Bjb cabang Karawang, Arfandi, Minggu (10/0120/21).



BACA jUGA : Pramugari Sriwijaya Air Grislend Gloria Natalies Alumni Telkom University Bandung



Menurut Arfandi, bank Bjb bekerjasama dengan Dinas Pertanian Karawang dan Gapoktan akan menyalurkan bantuan tersebut agar tepat sasaran. Dari jumlah uang sebesar Rp 100 miliar diperkirakan dapat membantu 7 ribu petani.


"Dengan program ini ada efek domino yang dapat menumbuhkan ekonomi rakyat. Misalnya pedagang pupuk dapat kepastian pembayaran dengan program ini karena petani punya uang untuk membayar, juga usaha lainnya yang terkait," katanya.



BACA JUGA :  Ular Sanca Batik Sepanjang Tiga Meter Muncul Ditengah Pemukiman Warga Kota Sukabumi



Arfandi menjelaskan, petani yang mendapatkan program KUR Super Mikro merupakan anggota Gapoktan setempat dan memiliki lahan pertanian untuk usaha.

"Nantinya disalurkan secara kolektif melalui Gapoktan masing-masing. Untuk itu bagi petani yang ingin mendapatkan program tersebut bisa langsung melalui Gapoktan, " katanya.


Menurut Arfandi, selain program KUR Super Mikro bank Bjb juga punya program KUR Mikro. Bedanya kalau program KUR Mikro petani dikenai bunga ringan dan pembayaran dilakukan per panen. "Bunga kecil kok hanya 3 persen setiap pinjaman," terangnya.(asl)




BACA JUGA  : Sosok Kapten Afwan, Pilot di Pesawat Sriwijaya Air SJ 812 yang Jatuh



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait