Pemkab Pangandaran Tanam 20 Ribu Bibit Mangrove di Pantai Karang Tirta, Inilah Tujuannya

Jawa Barat —Senin, 11 Jan 2021 08:09
    Bagikan:  
Pemkab Pangandaran Tanam 20 Ribu Bibit Mangrove di Pantai Karang Tirta, Inilah Tujuannya
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata didampingi Ketua Tagana Kabupaten Pangandaran Nana Suryana saat menanam bibit pohon Mangrove di Pantai Karang Tirta Kecamatan Sidamulih (foto: dry)

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran menanam 20 ribu bibit pohon Mangrove di pantai Karang Tirta, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (10/01/2021). 20 ribu bibit pohon mangrove yang ditanam di kawasan pesisir Pantai Karang Tirta itu merupakan bantuan dari Kementrian Sosial RI.

Penanaman ribuan bibit pohon  Mangrove tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Ketua DPRD Asep Noordin, Taruna Siaga Bencana (Tagana), para Kepala SKPD dan sejumlah relawan kebencanaan serta unsur stakeholder lainnya.






Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos-PMD) Wawan Kustaman mengatakan, bahwa ribuan bibit pohon mangrove tersebut ditanam di zona Megatrush. Sehingga bisa mengantisipasi adanya bencana Tsunami yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi.

"Penanaman ini dilakukan di lima kawasan selatan pulau Jawa yang masuk zona megatrush," ujar Wawan kepada wartawan, Minggu (10/01/2021).






Menurut dia, pohon mangrove ini bisa meminimalisir terjangan ombak tsunami.

"Kita tidak berharap bencana itu terjadi, namun kita tetap harus antisipasi dan waspada," katanya.

Ditempat yang sama, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyebutkan, penanaman 20 ribu bibit pohon mangrove tersebut masih dianggap kurang.

"Bisa kita lihat hanya beberapa meter saja yang bisa ditanam," sebutnya.







Kata dia, penanaman pohon mangrove ini adalah bagian dari mitigasi bencana Kemensos RI, untuk mengantisipasi terjangan ombak, abrasi dan lain-lain.

"Tapi ini juga menjadi revitalisasi pantai Karang Tirta untuk menjadi kawasan wisata kembali," ungkap Jeje.

Jeje mengatakan  pihaknya juga sedang berfikir untuk mendesign ulang pantai Karang Tirta, sehingga kedepanya memiliki daya tarik tersendiri.







"Saya punya keyakinan kalau didesign kembali, lalu dihubungkan dengan objek wisata lainnya, pasti akan lebih menarik," terangnya.

Menurut dia, revitalisasi pantai Karang Tirta ditargetkan pada tahun 2022 mendatang.

"Pantai Karang Tirta ini diyakini bisa jadi wisata unggulan," tutupnya.(dry)









Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait