Viral, Pemprov Jabar Tutup Waterboom Cikarang

Jawa Barat —Senin, 11 Jan 2021 17:32
    Bagikan:  
Viral, Pemprov Jabar Tutup Waterboom Cikarang
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (foto:aris)
POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut pemerintah sudah menindak tegas dengan menutup tempat wisata Waterboom Cikarang, Bekasi akibat adanya kerumunan dan beritanya viral di media sosial.

Diketahui, tempat wisata di Waterboom Cikarang dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, melakukan diskon tiket Rp10 ribu, akibatnya warga tertarik untuk datang kesana, pangelola tidak siap, dan kerumunan terjadi.

"Di Cikarang, Bekasi ada waterboom tidak mentaati protokol karena diskon. Akibatnya pengunjung berjubel. Kita hukum, kita tutup," kata Ridwan Kamil,  di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (11/01/2021).






Emil sapaan karib dari Ridwan Kamil menerangkan  penutupan Waterboom tersebut diharapkan menjadi pelajaran agar tempat wisata lain mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Apalagi, saat ini beberapa daerah di Jabar tengah menerapkan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Mudah-mudahan ketegasan Forkopimda menjadi pelajaran kepada pemilik usaha agar mentaati aturan. Kita tidak nyaman dengan keputusan membatasi karena akan mengurangi rezeki. Tapi dalam situasi ini harus dipermaklumkan," ungkapnya.






Emil juga mengingatkan tempat usaha atau tempat wisata lain untuk mematuhi protokol kesehatan yang saat ini berlaku.

"Oleh karena itu sejumlah daerah di Jabar harus komit membatasi. Jelang akhir pekan dilakukan pemeriksaan lintas provinsi di daerah wisata di Puncak memastikan surat negatif covid antigen," ucapnya.





Peristiwa tentang membludaknya pengunjung Waterboom Cikarang viral di media sosial. Dalam video viral tersebut terlihat warga memadati tiap sudut dari tempat wisata itu. Para pengunjung mulai dari anak-anak hingga orang tua terlihat memadati kolam renang. Mereka tampak menikmati fasilitas tempat tersebut tanpa memperdulikan protokol kesehatan.

Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi, Komisaris Besar Hendra Gunawan mengatakan, pengelola Waterboom Lippo Cikarang dianggap telah melakukan pelanggaran dengan kategori berat. 

Hal itu lantaran mereka telah mengakibatkan kerumunan massa yang cukup banyak.




BACA JUGA  : Daftar 10 Aturan PPKM Jawa-Bali dari 11 sampai 25 Januari 2021 yang Harus Kamu Tahu






“Kemarin kami dapat informasi bahwa adanya kerumunan massa di tempat ini pukul 11 siang. Kemudian kami koordinasi langsung cepat untuk melakukan pembubaran dan pukul 11.30 kemarin sudah langsung dibubarkan dan ditutup,” ucap dia, Senin, 11 Januari 2021.

Selain menyegel, kata Hendra, pihaknya telah memeriksa sejumlah pihak terutama dari sisi pengelola. 

Jika terbukti ada unsur kesengajaan, pengelola dapat dikenai sanksi pidana.( Aris)




BACA  JUGA  : Timbulkan Kerumunan, Resepsi Pernikahan di Mangunjaya Pangandaran Dibubarkan Satgas Covid-19


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait