Pengurus Pusat JAPATI Bawa Dua Tabung Gas dan Ban Bekas Demo ke KPU Tasikmalaya.

Jawa Barat —Senin, 11 Jan 2021 19:15
    Bagikan:  
Pengurus Pusat JAPATI Bawa Dua Tabung Gas dan Ban Bekas Demo ke KPU Tasikmalaya.
Aksi unjukrasa bawa ban bekas dan dua tabung gas 3kg menuju kantor KPU kab. Tasikmalaya. (fot:kris)

POSKOTA JABAR, TASIKMALAYA

Pengurus Pusat Jaringan Persatuan Asli Tasik Indonesia (JAPATI) melakukan aksi unjuk rasa di depan Ruko blok Singaparna, pada kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya, Senin (11/01/2021). Mereka berunjukrasa  dengan membawa dua buah tabung gas 3 kg dan puluhan ban bekas yang hendak dibakar, Namun aksi tersebut digagalkan pihak kepolisian polres Tasikmalaya.

Pengurus dan juga ketua harian JAPATI, Junen Hudaya mengatakan,  seharusnya KPU  lebih profesional dalam menjalankan tugas sebagai penyenggara  pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020.

"Kami mengadukan semua Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya atas dugaan melanggar kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara Pemilu,” ujarnya.



BACA JUGA  : Viral, Pemprov Jabar Tutup Waterboom Cikarang


Dugaan etik yang dilanggar komisioner KPU, menurutnya, adalah tidak menjalankan prinsip akuntabilitas dan profesionalitas. Buktinya, KPU tidak memutuskan hasil rekomendasi Bawaslu sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Sedangkan KPU sendiri mempunyai kewajiban untuk menjalankan Rekomendasi dari Bawaslu, selama 7 hari, akan tetapi sampai saat ini KPU belum menjalankan sama sekali Rekomendasi dari Bawaslu itu sendiri.

"Sehingga, kami datang ke Kantor KPU meminta kepada KPU untuk segera menyampaikan apa yang menjadi keputusan KPU berdasarkan pertimbangan-pertimbangan dan Rekomendasi yang dilakukan oleh Bawaslu sendiri," ujarnya.




BACA JUGA : Polsek dan Koramil 1322 Cijulang Temukan Tiga Batang Pohon Ganja di Lahan Blok Ranca Kawung


"Jika, KPU tidak bisa menyampaikan dan menjelaskan berarti KPU sudah melanggar kode etik. Maka kami mengajukan permintaan agar DKPP memberikan sanksi pemberhentian tetap kepada semua komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya," terangnya

Sementara, itu ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin menyampaikan , saat ini KPU Kabupaten Tasikmalaya, tanpa pimpinan yang lain sedang memproses, mengenai tindak lanjut dari Bawaslu kabupaten Tasikmalaya.

"Bahwa, Kami perlu menyampaikan dan akan menindak lanjuti surat dari Bawaslu tersebut dan nanti pengumumannya akan di upload ke dalam websitenya KPU Kabupaten Tasikmalaya, sehingga seluruh warga masyarakat dapat mengetahui terhadap hasil tindak lanjut Bawaslu tersebut dan ini pun perlu proses," katanya. (Kris)



BACA JUGA  : Daftar 10 Aturan PPKM Jawa-Bali dari 11 sampai 25 Januari 2021 yang Harus Kamu Tahu




Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait