Manfaat Joging Lari Pagi Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Kesehatan —Rabu, 13 Jan 2021 07:51
    Bagikan:  
Manfaat Joging Lari Pagi Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui
(foto:unspalsh)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Manfaat Joging Lari Pagi Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui - Olahraga lari kini menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup banyak diminati. Selain mudah dilakukan dan murah meriah alias gratis, ternyata rutin berolahraga lari bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan di dalam tubuh secara keseluruhan.

Manfaat Joging Lari Pagi Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui - Olahraga lari juga bersifat fleksibel, yaitu bisa dilakukan kapan saja, misalnya pada pagi hari, sore, ataupun malam.

Dilansir dari halodoc, pada dasarnya, tidak ada aturan kapan waktu terbaik untuk melakukan olahraga lari ini.

 

BACA JUGA : Kuburan Palsu untuk Warga yang Membuang Sampah Sembarangan Viral di Media Sosial

 

 

Lari setidaknya 5 sampai 10 menit dalam intensitas sedang disebut bisa menurunkan risiko penyakit jantung, masalah kardiovaskular, mencegah kanker, hingga menurunkan risiko Alzheimer. Adapun manfaat lainnya, berikut POSKOTAJABAR rangkum manfaat lari pagi bagi kesehatan yang perlu kita ketahui.

 

 

  1. Memperbaiki Pola Tidur

Olahraga lari pagi juga disebut bisa membantu memperbaiki pola tidur, termasuk pada orang yang mengidap insomnia.

Melakukan aktivitas fisik, termasuk lari pagi disebut bisa memberi waktu lebih lama untuk tubuh beristirahat pada malam hari. Selain itu, olahraga pagi juga akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

 


  1. Manfaat Olahraga Lari untuk Tubuh

Meski bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan, sebaiknya hindari sembarangan dan memaksakan diri dalam berlari, sebab hal ini bisa meningkatkan risiko cedera.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah lari.

 


  1. Membangun Kebiasaan Baik dan Melatih Kedisiplinan

Tidak sedikit orang yang sulit bangun pagi atau memutuskan untuk tidur lagi saat alarm berbunyi. Daripada begitu, cobalah untuk segera meninggalkan tempat tidur dan bersiap untuk melakukan olahraga lari.

Melakukan aktivitas fisik pada pagi hari disebut bisa meningkatkan mood sepanjang hari dan membuat sistem imun menjadi lebih baik serta melatih kedisiplinan.

 



BACA JUGA  :  Cara Dapatkan Subsidi Token Listrik Gratis, Berlaku Mulai 7 Januari Hingga Maret 2021

 



  1. Menurunkan Tekanan Darah

Tidak hanya pada pagi hari, berolahraga kapan saja nyatanya bisa membantu menurunkan tekanan darah dan membuatnya menjadi lebih seimbang. Maka dari itu, rutin berolahraga sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Berolahraga pada pagi hari disebut lebih mungkin membuat tubuh menjadi lebih segar serta menurunkan risiko stres yang bisa berdampak pada kesehatan kardiovaskular.

 


BACA JUGA : Hari Keempat Pencarian Korban Longsor Sumedang, Polri Kerahkan Tim K-9


Biasakan Sarapan Sebelum Lari Pagi

Agar lari pagi lebih terasa, cobalah untuk menyantap makanan atau sarapan sebelum berolahraga. Makan sebelum olahraga pagi disebut bisa membantu membakar lebih banyak kalori.

Pilih jenis makanan yang sehat dan bisa memberi energi untuk tubuh. Hindari memaksakan diri dan berolahraga saat tubuh terasa sakit atau tidak enak. Alih-alih menyehatkan, hal itu malah bisa memicu hal yang tidak diinginkan. (dwa)


Manfaat Lari Pagi, Lari Pagi, Manfaat Lari, Kesehatan Lari, Lari Untuk Kesehatan

Editor: Dikki
    Bagikan: