Presiden Jokowi Divaksin, Berikut Efek Samping Vaksin Sinovac Mulai dari Nyeri sampai Diare, Benarkah?

Gaya Hidup —Rabu, 13 Jan 2021 10:53
    Bagikan:  
Presiden Jokowi Divaksin, Berikut Efek Samping Vaksin Sinovac Mulai dari Nyeri sampai Diare, Benarkah?
Presiden Jokowi disuntik vaksin Sinovac. Sumber foto Ist

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan menjalani vaksinasi perdana Covid-19, Rabu(13/1/2021) pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini di lakukan di Istana Negara dan disiarkan secara langsung lewat kanal Youtube Sekertariat Presiden, Vaksinasi ini diikuti oleh beberapa pejabat dan artis yang sebelumnya sudah menjalani tes kesehatan dan dinyatakan boleh divaksin Sinovac.

BACA JUGA : Banjir Citarik Memutus Jalur Cicalengka hingga Merendam Rumah Warga

Apa efek Samping dari Vaksin Sinovac?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Senin (11/1) memberikan persetujuan penggunaan darurat alias emergency use authorization (EUA) kepada CoronoVac, vaksin virus corona baru produksi Sinovac.

Kepala BPOM, Penny K Lukito menjelaskan beberapa efek samping vaksin Sinovac yang ditemukan selama uji klinis. Menurut data yang didapatkan dari uji klinis, vaksin tersebut hanya menimbulkan efek samping ringan hingga sedang. Hal ini dia sampaikan secara daring dalam sebuah konferensi pers yang dilakuakn BPOM. 

"Secara keseluruhan menunjukkan vaksin COVID CoronaVac aman dengan kejadian efek samping yang ditimbulkan ringan hingga sedang, yaitu efek samping lokal berupa nyeri, iritasi, pembengkakan, serta efek samping sistemik berupa nyeri otot, fatigue, dan demam," jelas Penny.

BACA JUGA : Harga Cabe Rawit di Kabupaten Pangandaran Alami Lonjakan

Adapun efek samping berat dari vaksin Sinovac berupa sakit kepa, gangguan kulit, dan diare. Namun, Anda tidak perlu khawatir efek samping ini hanya terjadi sebanyak 0,1 hingga 1 persen laporan.

"Frekuensi efek samping dengan derajat berat sakit kepala, gangguan di kulit, atau diare yang dilaporkan hanya sekitar 0,1 -1 persen," lanjutnya.

Penny juga menjelaskan efek samping vaksin Sinovac yang muncul ini tidak berbahaya bagi mereka yang nantinya akan disuntik vaksin. Kondisi akibat efek samping vaksin Sinovac ini bisa dipasktikan akan segera pulih.

"Efek samping tersebut merupakan efek samping yang tidak berbahaya dan dapat pulih kembali. Secara keseluruhan, kejadian efek samping ini juga dialami pada subjek yang mendapatkan plasebo," pungkasnya. (RIN)


Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait