Diterjang Banjir Puluhan Warga Desa Ciganjeng Pangandaran Mengungsi

Jawa Barat —Kamis, 14 Jan 2021 15:11
    Bagikan:  
Diterjang Banjir Puluhan Warga Desa Ciganjeng Pangandaran Mengungsi
Salah seorang warga korban banjir yang mengungsi sambil memikul barang miliknya ketempat yang lebih aman (foto: ist)

POSKOTAJABAR, PANGANDARAN

Puluhan warga di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, memilih mengungsi dan menyelematkan barang-barang berharga miliknya. Warga mengungsi lantaran rumah mereka terendam banjir akibat meluapnya air Sungai Cintaduy yang disebabkan air kiriman dari hulu sungai yang terus meninggi hingga mengakibatkan banjir lantaran tidak kuat menampung debit air.

Kepala Desa Ciganjeng,  Imang Wardiman mengatakan, banjir yang merendam rumah warga itu disebabkan air sungai Citanduy meluap.

"Rumah warga yang terendam banjir itu berada di tiga RT dengan  ketinggian air mulai dari 60 hingga satu meter," ujarnya kepada wartawan, Kamis (14/01/2021).






Imang merinci, warga yang kini mengungsi akibat banjir dari luapan Sungai Citanduy itu merupakan warga RT 02,03 dan RT 04 serta RT 07. 

"Khusus untuk di blok RT 03 sebanyak 11 KK warga masyarakat yang rumahnya terendam banjir terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi menginggat dilokasi tersebut ketinggian air banjirnya mencapai satu meter lebih," terang Imang.




 

Kata dia, total rumah warga yang terendam banjir tersebut mencapai 125 KK dan yang paling banyak di RT 03 jumlah rumah yang te endam banjir sebanyak 70 rumah.

"Untuk di lingkungan Rt 02 jumlah rumah yang terendam mencapai 40 KK dan di Rt 04 mencanpai 25 KK," tuturnya.



Imang menyebutkan, bencana alam banjir yang merendam ratusan rumah warga tersebut dilaporkan ke pihak BPBD dan Dinas Sosial PMD Kabupaten Pangandaran.

"Semua sudah dilaporkan, supaya kedua Instansi tersebut segera menyediakan tenda dan dapur darurat sebagai antisipasi mengingat air banjir belum juga surut," pungkasnya. (dry)






Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait