OKK PWI Jabar di Awal Tahun 2021 Disambut Antusias para Wartawan

Pendidikan —Kamis, 14 Jan 2021 15:39
    Bagikan:  
OKK PWI Jabar di Awal Tahun 2021 Disambut Antusias para Wartawan
Pengurus PWI Jawa Barat saat membuka Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) PWI Jawa Barat di Gedung PWI Jabar Bandung. (PWI Jabar)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat mengawali rangkaian kegiatan 2021 melalui penyelenggaraan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK). OKK perdana di tahun 2021 ini  digelar di Kantor PWI Jabar, dan dibuka langsung Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat, Kamis (14/01/2021).

Kegiatan yang digelar selama tiga hari berturut-turut yakni Kamis 14 hingga Sabtu 16 Januari 2021 tersebut, disambut antusias kalangan jurnalis Jawa Barat. Hal itu terlihat dari lonjakan jumlah peserta hingga mencapai 120 dari target 40 peserta. Karena itu, penyelenggaraan yang semula hanya akan digelar satu hari diperpanjang menjadi tiga hari.

Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat, mengungkapkan, penyelenggaraan OKK merupakan bagian dari upaya PWI Jabar dalam mendorong peningkatan kualitas dan profesionalisme wartawan. Disamping itu, OKK juga diharapkan menjadi langkah strategis menyiapkan estafet keberlangsungan PWI sebagai organisasi wartawan.

BACA JUGA:  Kota Bandung Menyiapkan 191 Faskes untuk Menjadi Lokasi Vaksinasi Covid-19

"Setiap tahun jumlah anggota PWI juga selalu ada yang memasuki masa pensiun. Sehingga, untuk keberlangsungan organisasi tentu dibutuhkan penjaringan anggota-anggota baru," ujarnya.

Kendati begitu, lanjut Hilman, sebagai organisasi profesi, kualitas dan profesionalisme anggota PWI mutlak menjadi syarat wajib. Sehingga, OKK menjadi sebuah keharusan sebelum masuk menjadi anggota PWI.

Hilman menambahkan, bagi wartawan yang ingin mengikuti OKK salah satu syaratnya juga harus bekerja di media yang sudah berbadan hukum. Sementara, untuk dapat menjadi anggota PWI, maka peserta  juga harus dinyatakan lulus dalam OKK.

"Inilah upaya PWI Jabar dalam mencetak dan mendorong profesionalisme wartawan khususnya anggota PWI," tandasnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Yayat Tahyan Supiat, menambahkan, penyelenggaraan OKK menjadi pembuka kegiatan PWI Jawa Barat di tahun 2021. Di luar dugaan, antusiasme peserta sungguh luar biasa. Karena itulah, penyelenggaraan kegiatan yang semula hanya satu hari menjadi tiga hari.

"Kami tentu sangat mengapresiasi antusias peserta. Karenanya, penyelenggaraan pun kemudian menjadi tiga hari. Hal itu juga sekaligus sebagai bentuk kepatuhan PWI Jawa Barat dalam menerapkan protokol kesehatan. Untuk menghindari kerumunan serta penerapan jaga jarak peserta dibagi menjadi tiga angkatan," ungkap Yayat di sela pembukaan kegiatan OKK PWI Jabar, di Kantor PWI Jabar.

BACA JUGA:  SBY Kenang Syekh Ali Jaber Sebagai Sosok Ulama yang Meneduhkan

Dalam kesempatan tersebut, Yayat juga berharap peserta yang turut dalam kegiatan OKK tersebut 100 lulus dan dapat bergabung menjadi anggota PWI Jawa Barat.

"Semoga dari semua peserta dapat 100 persen lulus. Sehingga,  ke depan para peserta OKK dapat menjadi penerus dalam mengembangkan PWI Jabar lebih baik serta sumber daya wartawan yang berkualitas," kata Yayat.

Yayat menambahkan, jika tak aral melintang kegiatan OKK juga akan kembali digelar pada Maret 2021 mendatang. Hal ini tak lain untuk mengakomodir peserta yang tidak tertampung pada prnyelenggaraan OKK kali ini. (nang's)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait