Sungai Citanduy Meluap, Rumah Warga Desa Sukanagara Padaherang Kabanjiran

Jawa Barat —Kamis, 14 Jan 2021 19:31
    Bagikan:  
Sungai Citanduy Meluap, Rumah Warga Desa Sukanagara Padaherang Kabanjiran
Warga yang dievakuasi menggunakan perahu milik warga setempat (foto: dry)

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN

Sebanyak 25 rumah warga Dusun Sukasari RT 35/09 Desa Sukanegara Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat terendam banjir yang disebabkan air Sungai Citanduy meluap, Kamis (14/01/2021).

Berdasarkan pantauan POSKOTAJABAR, meluapnya air Sungai Citanduy yang merendam puluhan rumah mengharuskan sebagian warga terpaksa mengungsi ke tempat dataran yang lebih tinggi dengan menggunakan perahu milik salah satu warga.

Salah seorang warga setempat Asmi (58) mengatakan, air sungai Citanduy meluap terjadi dini hari sekitar pukul 01:00 WIB pada saat warga sedang tertidur pula.

"Namun sekitar pukul 07.00 WIB air mulai merendam rumah warga dengan ketinggian air sepinggang orang dewasa," ujarnya kepada wartawan, Kamis (14/01/2021).





Kata dia, banjir yang melanda membuat warga harus mengungsi dan mengevakuasi barang - barang supaya tidak terendam banjir.

"Namun tetap saja ada yang hanyut karena air sungai Citanduy begitu cepat datangnya. Banjir dari sungai Citanduy ini sering terjadi setiap tahunnya," ungkapnya.






Sementara itu, salah satu anggota Tagana Pangandaran Ahmad Nasikin (43) menyampaikan, akibat rumahnya terendam banjir, terpaksa warga harus dievakuasi dengan menggunakan perahu.

"Sebagian warga sudah dievakuasi dan barang berharga pun juga dievakuasi ke dataran tinggi (tanggul,red) proses evakuasi kita lakukan secara bertahap," terangnya.






Menurut dia, warga yang dievakuasi kemungkinan sampai banjir sudah  surut dan sudah tidak terlihat lagi tanda - tanda banjir.

"Kalau sudah surut dan cuaca tidak turun hujan, warga dipersilahkan kalau mau pulang kerumahnya, tapi jika masih turun hujan lebih baik ngungsi dulu biar aman," pungkasnya. (dry)






Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait