Korban Banjir Sukanagara Manfaatkan Tanggul untuk Memasak dan Tidur

Jawa Barat —Jumat, 15 Jan 2021 05:50
    Bagikan:  
Korban Banjir Sukanagara Manfaatkan Tanggul untuk Memasak dan Tidur
Takim dan istri sedang memasak di sebuah tenda tempat mereka mengungsi karena rumahnya terendam banjir (foto: dry)

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN

Ratusan warga Desa Sukanagara, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran yang rumahnya terendam banjir terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Pasalnya, rumah warga terendam banjir akibat meluapnya air Sungai Citanduy yang tidak kuat menampung debit air hujan deras yang mengguyur di daerah hulu sungai.

Salah seorang warga yang korban banjir Takim (48) mengatakan, setiap air Sungai Citanduy merendam pemukiman rumah warga, dia dan warga yang lainnya harus mengungsi ketempat yang lebih tinggi untuk dijadikan tempat tidur dan memasak.

"Mau bagaimana lagi dari pada nunggu bantuan yang belum tahu kapan datangnya, mendingan kita mencari tempat untuk memasak," cetusnya saat diwawancarai wartawan dilokasi banjir, Kamis (14/01/2021).



Menurut dia, memanfaatkan tempat yang tinggi lantaran tidak mempunyai keluarga yang bisa ditempati rumahnya untuk dijadikan tempat mengungsi.

"Makanya kami berinisiatif mencari dataran tinggi yang dimanfaatkan untuk tempat memasak dan tidur," akunya.



Kata dia, untuk tempat memasak dan tidur dirinya terpaksa membuat tenda untuk tempat tidur sementara sampai air benar - benar surut.

"Ya kita disini (tenda,red) saja dulu sampai air banjir surut," ucapnya.



Sementara itu, Kepala bidang kedaruratan, logistik, Rehabilitasi dan Rekonstruksi pada BPBD  Pangandaran Herliana Lilihar S.Pd menyampaikan, untuk bantuan berupa sembako bagi korban banjir   sudah disiapkan dan dititipkan kepada pihak Dinas Sosial dan PMD Pangandaran. 

"Kita sedang sibuk penyemprotan disinfektan karena banyak yang terpapar covid-19, jadi bantuan sembako dari BPBD kami tititipkan kepada Dinas Soial," katanya.

Herlian mengatakan, bantuan untuk korban banjir berupa sembako, yaitu Beras, Mie Instan dan lauk pauk. (dry)




Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait