Polres Sukabumi Kota Amankan 14 Unit Mobil Hasil Pengungkapan Kasus Pencurian

Kriminal —Jumat, 15 Jan 2021 06:07
    Bagikan:  
Polres Sukabumi Kota Amankan 14 Unit Mobil Hasil Pengungkapan Kasus Pencurian
Polres Sukabumi Kota Amankan 14 Unit Mobil Hasil Pengungkapan Kasus Pencurian. (foto:hendra)

POSKOTAJABAR, SUKABUMI.

Jajaran Polres Sukabumi Kota berhasil mengamankan 14 unit kendaraan roda empat hasil pengungkapan kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang terjadi sepanjang 2019 hingga awal tahun 2021.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni mengungkapkan, kronologi kejadian bermula saat dua orang pelaku berinisial WD (45) warga dan TH (29) yang berdomisili di Cianjur dan Bogor  akan kembali melakukan aksi pencurian di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Mereka beroperasi menggunakan satu unit kendaraan Toyota Avansa. Setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan satu tas berisi seperangkat alat untuk melancarkan aksi kejahatannya.

"Mereka mengendarai mobil dan berpatroli di wilayah Sukabumi Kota untuk menentukan target pencurian," kata Sumarni, di Mako Polres Sukabumi Kota, Kamis (14/01/2021).


BACA JUGA  : Oknum Kades Kabupaten Karawang Beli Sabu Nyuruh Anaknya


Sumarni melanjutkan, para pelaku melakukan aksi kejahatannya di beberapa TKP yang berada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Antara lain, di Jalan Balandongan, Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, di Kampung Cijambe Desa Sukaresmi Kecamatan Cisaat, di Kampung Gunung guruh Girang Desa Babakan Kacamatan Cisaat, di Jalan Perda RE Suryanta Kelurahan Naggeleng Kecamatan Citamiang, dan terakhir di Kampung Sidang Resmi Kelurahan Babakan Kecamatan Ciberem Kota Sukabumi.

"Selain dari lima TKP tersebut, para pelaku juga melakukan beberapa aksi pencurian mobil di TKP lain  yang masih  berada di Wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Saat ini masih kita kembangkan," imbuhnya.


BACA JUGA : Pesan Syekh Ali Jaber Sebelum Meninggal Dunia pada Anaknya, Jaga Ibu dan Jaga Shalat!


Sumarni menjelaskan, modus operandi yang mereka lakukan pada saat menjalankan aksinya. Mereka merusak mobil dengan menggunakan kunci leter T berikut menggunakan mata kuncinya.

Setelah berhasil mencongkel jendela mobil dan merusaknya, sambung dia  kemudian mereka memasang kabel songket sampai mobil itu menyala.

"Setelah mobil itu berhasil menyala kemudian para pelaku langsung membawa kabur kendaraan roda empat yang berhasil dicuri itu," imbuhnya.


BACA JUGA :Fasilitator Suntik Vaksin, Ariel Noah Mengaku tidak Merasa Sakit, Biasa Saja

 

Selain mengamankan  barang  bukti berupa 14 unit kendaraan roda empat dari berbagai jenis, diamankan pula berbagai barang bukti berupa unci leter T, satu bilah golok, kunci roda, dan kunci stang kendaraan.

"Ya, mereka membawa senjata tajam, itu untuk melakukan perlawanan jika dia kepergok oleh masyarakat pada saat mencuri," ujarnya.


BACA JUGA : Kegiatan Vaksinasi Gubernur Banten Ricuh Gara-gara Awak Media Dilarang Mengambil Gambar

 Bersama pelaku, sambung Sumarni, turut diamankan pula U (60) yang ditangkap di Sumedang, karena terjerat pasal 481 KUHP karena kebiasaan dan sudah menjadi kerjaan melakukan pertolongan jahat atau tadah dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

"Saat ini para pelaku telah ditahan dan dilakukan peroses penyidikan lebih lanjut di Mapolres Sukabumi Kota," pungkasnya. (Hendra)  


BACA JUGA : Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Sempat Tegang, Tensinya Naik Saat Hendak Divaksin

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait