15 Fitur Aplikasi Signal yang Mirip dengan WhatsApp

Gaya Hidup —Jumat, 15 Jan 2021 08:50
    Bagikan:  
15 Fitur Aplikasi Signal yang Mirip dengan WhatsApp
Signal. foto CTV News

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Aplikasi Signal kini tengah populer dan banyak mendapat perhatian semenjak perubahan kebikakan WhatsApp. Platform perpesanan yang serupa dengan WhatsApp itu diklaim bisa menjadi alternatif bagi pengguna yang ingin beralih dari WhatsApp. 

Signal adalah aplikasi perpesanan instan yang memungkinkan Anda mengirim pesan, dan melakukan panggilan video & suara melalui koneksi internet yang stabil. Aplikasi Signal adalah ciptaan dari Signal Foundation dan Signal Messenger. 

BACA JUGA  : Oknum Kades Kabupaten Karawang Beli Sabu Nyuruh Anaknya

Co-founder WhatsApp Brian Acton dan Marlinspike memulai Signal Foundation sementara Moxie Marlinspike, seorang kriptografer Amerika adalah CEO Signal Messenger saat ini. Signal telah menerima dana sekitar Rs 350 crores dari Brian Acton, yang meninggalkan WhatsApp pada 2017.

Dikutip dari Gadgetsnow, berikut ini 15 fitur Signl yang mirip dengan WhatsApp : 

1. Mengunci Obrolan

Sama seperti WhatsApp, pengguna Signal juga menawarkan dukugan otentikasi pengguna untuk menjaga kerahasiaan obrolan mereka. Aplikasi ini menawaran semua jenis fitur kunci keamanan, meliputi pin, kata sandi, serta otentikasi biometrik seperti sidik jari, Touch ID atau Face ID.

2. Pesan yang Hilang

Signal memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dengan tanggal kadaluwarsa. Pesan dari obrolan yang mengaktifkan fitur ini akan hilang dari perangkat pengguna sesuai dengan batas waktu yang sudah ditetapkan.

Di signal, pengirim dapat menetapkan batas waktu mulai dari 5 detik hingga 1 minggu. Serupa tapi tak sama, di WhatsApp pesan menghilang dapat dengan sendirinya terhapus dalam 7 hari.

3. Pengguna dapat Membuat Grup

Signal juga dilengkapi dengan dukungan untuk berinteraksi dengan lebih dari satu orang pada satu waktu, yakni dengan menggunakan grup. Grup ini dilengkapi dengan kontrol administratif seperti perlunya persetujuan untuk anggota yang bergabung, siapa yang dpaat mengedit info grup dan fitur lainnya.

4. Panggilan Kontak

Signal memungkinkan pengguna untuk menghubungi kontak mereka. Fitur ini berfungsi dengan baik di Android dan iOS. Sedangkan, khusus untuk panggilan grup masih dalam pengujian beta di Signal.

5. Mode Gelap

Sama seperti WhatsApp, Signal juga memiliki mode gelap. Dengan ini, pengguna dapat beralih dari tema default ke mode gelap.

BACA JUGA : Jenazah Syekh Ali Jaber Dibawa ke Ponpes Daarul Qur'an

6. Enkripsi End-to-end

Fitur terbesar WhatsApp, enkripsi ujung-ke-ujung juga hadir di Signal. Artinya, pesan ini hanya dapat dibaca oleh penerima yang dituju.

7. Berbagi Media

Signal juga memungkinkan pengguna berbagi media dalam obrolan mereka. Ini dapat digunakan untuk berbagi file media termasuk audio, GIF,video, foto dan lainnya.

8. Dukungan Dekstop

Jika WhatsApp memiliki versi Dekstop, Signal pun begitu. Platform itu memungkinkan pengguna untuk mengakses akun mereka di dekstop dengan memindai kode QR.

9. Pesan Audio

Tak hanya berupa teks, Signal juga memungkinkan pengguna saling mengirim pesan audio, sama seperti WhatsApp.

10. Pasang Pin Obrolan

Untuk menandai obrolan penting agar tetap di atas, pengguna Signal bisa menggunakan fitur pin chat. Ini serupa dengan WhatsApp yang juga bisa menyematkan obrolan agar berada di paling atas.

11. Mengarsipkan Obrolan

Jika pengguna ingin menyembunyikan atau menyimpan obrolan mereka dari layar utama, maka pengguna Signal dapat mengarsipkan obrolan mereka.

12. Mention dalam Obrolan Grup

Serupa dengan WhatsApp, pengguna Signal dapat memanfaatkan ‘@’ untuk menyebutkan anggota grup dalam obrolan.

13. Media Broadcast

Signal memungkinkan pengguna mengirim media ke banyak kontak secara bersamaan dalam obrolan terpisah, sama seperti WhatsApp.

14. Teruskan Pesan

Sama seperti WhatsApp, pengguna Signal dapat meneruskan pesan atau media dalam obrolan.

15. Tanda Terima dan Tanda Pengiriman Pesan

Signal juga telah membaca tanda terima dan tanda mengirimkan seperti WhatsApp. Centang ganda pada Signal menandakan bahwa pesan telah terkirim dan bila warna berubah menjadi abu-abu maka pesan telah dibaca oleh penerima. (RIN)


Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait