WaliKota dan Bupati Sukabumi Menyatakan Siap Jadi Orang Pertama Yang Divaksin Covid-19

Jawa Barat —Jumat, 15 Jan 2021 11:13
    Bagikan:  
WaliKota dan Bupati Sukabumi Menyatakan Siap Jadi Orang Pertama Yang Divaksin Covid-19
WaliKota Sukabumi Achmad Fahmi dan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami . (foto:ist)

POSKOTAJABAR, SUKABUKABUMI.

Dua Pimpinan Daerah Sukabumi menyatakan siap menjadi orang pertama yang menerima vaksin covid-19 di wilayahnya masing - masing yaitu, Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, mengatakan kesiapannya untuk menjadi orang pertama yang diberikan vaksin Covid-19 diwilayahnya. Namun, dirinya masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) dari pemerintah pusat.

"Sesuai arahan Presiden saja, kalau memang diarahkan kepala daerah harus menjadi orang pertama untuk diberikan vaksin Covid-19, kenapa tidak," ujar  Fahmi saat dihubungi melalui aplikasi perpesanan Whtasapp. Jum'at (15/01/2021).


BACA JUGA : Video Pemakaman Syekh Ali Jaber Dibagikan UYM, Cek Link-nya di Sini


Selain harus menunggu juknak dan juknis dari Pemerintah Pusat, lanjut Fahmi, pihaknya juga harus melihat ketersediaan vaksin tahap pertama yang jumlahnya kemungkinan akan  terbatas.

"Kalau dalam juklak dinyatakan Kepala Daerah yang pertama, maka saya siap. Tapi kalau dalam Juklak dinyatakan untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) dahulu, ya kami ikuti aturannya, jadi intinya sesuai dengan peraturan yang ditetapkan,"tandasnya.


BACA JUGA : Dampak Gempa M 6,2 Majene, 3 Orang Tewas, Ribuan Warga Mengungsi



Hal senada diungkapkan oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, dirinya mengaku siap menjadi orang pertama di Kabupaten Sukabumi yang disuntik vaksin. Menurut Marwan, pejabat publik harus memberikan contoh baik terkait  program vaksinasi tersebut.

"Tentunya saya siap, pak presiden juga siap, kenapa kita tidak," Jawabnya, saat ditemui usai acara peresmian gedung baru di Kecamatan Cikembar.



BACA JUGA : Polres Sukabumi Kota Amankan 14 Unit Mobil Hasil Pengungkapan Kasus Pencurian

Menurut Marwan, vaksin  Covdi-19 tersebut tidak jauh dari program imunisasi sebelumnya. Artinya, hal itu merupakan bentuk ikhtiar agar masyarakat  terhindar dari Covid-19.

"Saya rasa tidak beda dengan  vaksin-vaksin sebelumnya, itu adalah bentuk ikhtiar agar kita terhindar," katanya.

Marwan menghimbau kepada seluruh ASN di lingkungan Penerintah Kabupaten  Sukabumi agar dapat menyukseskan vaksinasi di wilayahnya. Selain itu, marwan juga meminta  agar masyarakat dapat mengikuti program nasional ini.

"Tahap pertana kan prioritas tenaga kesehatan dulu supaya mereka terjaga dalam pelayanan dan penanganan wabah ini, tahap-tahap selanjutnya kan masyarakat," pungkasnya. (Hendra)



BACA JUGA : Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Sempat Tegang, Tensinya Naik Saat Hendak Divaksin


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait