Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi

Pendidikan —Jumat, 15 Jan 2021 16:27
    Bagikan:  
Doa Ketika Terjadi Gempa Bumi
(foto : BMKG)


POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Gempa Magnitudo 6,2 yang terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (15/1/2021) dini hari, pukul 02:28 waktu setempat memakan 8 korban jiwa. Selain itu, 62 unit rumah rusak dan membuat 2000 orang mengungsi.

Saat sedang sedang merasakan gempa bumi atau bencana lain yang sangat membahayakan keselamatan diri, kita disarankan untuk berdoa.

 

Doa saat gempa berikut ini bisa diamalkan ketika terjadi.

 

 

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

 

Arab-Latin

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a'ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi.

 

BACA JUGA : Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Sempat Tegang, Tensinya Naik Saat Hendak Divaksin

 

 

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan."

 

Selain memanjatkan doa tersebut ketika gempa terjadi, kita sebagai umat muslim juga harus mendoakan saudara kita yang mungkin terkena dampak dari gempa bumi atau juga bencana lainnya.

 

Ada doa untuk orang yang terkena musibah seperti yang pernah diajarkan Nabi Muhammad SAW dari hadits riwayat Muslim dan dilansir dari buku 'Kumpulan Do'a dari Al-Quran dan As-Sunnah yang Shahih' karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas:

 

 

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْه

 

Arab-Latin:

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha".

 

Artinya:

"Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik."

 

BACA JUGA : Fasilitator Suntik Vaksin, Ariel Noah Mengaku tidak Merasa Sakit, Biasa Saja

 

Ketika kita sedang mengalami gempa bumi sebaiknya kita memperbanyak berdoa dan berdzikir kepada Allah SWT.

Untuk yang tidak terkena gempa atau musibah, sebaiknya doakan orang yang sedang kesulitan agar dimudahkan oleh Allah SWT dan bisa tetap tabah dalam menghadapi musibah yang terjadi. (dwa)

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait