Dirjen Dukcapil Siap Urus SK Kematian Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Keluarga Diimbau di Rumah Saja

Jawa Barat —Jumat, 15 Jan 2021 16:46
    Bagikan:  
Dirjen Dukcapil Siap Urus SK Kematian Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Keluarga Diimbau di Rumah Saja
Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh. (foto:ist)


POSKOTAJABAR, JAKARTA.

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan 12 akte kematian kepada keluarga korban Sriwijaya Air SJ182 dari hasil identifikasi Rim DVI Polri.

"Sampai tadi malam kami sudah menerima identifikasi 12 jenazah, sampai tadi pagi akte kematiannya kita sudah selesaikan semuanya. Termasuk hubungan kependudukan lainnya seperti KTP suami dan istri bila sudah punya dan kartu keluarganya," kata Zudan di RS Polri Kramajati, Jakarta Timur (15/1/2021).

 

BACA JUGA : Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Sempat Tegang, Tensinya Naik Saat Hendak Divaksin

 

Zudan menjelaskan, yang paling terpenting adalah bagi keluarga korban tidak perlu mengurus akte kematian ke dinas Dukcapil. Karena keluarga korban ada yang mau datang ke dukcapil mengurus surat kematian.

"Saya beri informasi tolong disampaikan biar kami yang bekerja. Dari keluarga cukup di rumah menyiapkan dokumennya akan kami sampaikan. Cukup keterangan dari tim DVI bahwa jenazah sudah ditemukan teridentifikasi kami langsung menerbitkan akte kematian," pungkasnya.

Dikatakan, pihaknya mempermudah semua prosedurnya karena hal tersebut merupakan tugas negara, tugas dukcapil sekaligus tugas kemanusiaan.

"Kami berikan kemudahan dan kerjasama kami dengan tim DVI Polri pada umunya terus kami lakukan untuk mendukung program ini dan akses data center kami buka luas agar proses pengidentifikasian dengan giometrik bisa berjalan lancar," ujarnya.

 

12 Korban Sudah Teridentifikasi

Ia menyebutkan, dari 12 korban yang sudah teridentifikasi kemarin, 10 teridentifikasi dengan sisik jari dan dua dengan DNA.

"Dan kami yakin semakin kebelakang akan semakin banyak teridentifikasi seperti pengalaman dua tahun yang lalu," tukasnya.

 

BACA JUGA : Fasilitator Suntik Vaksin, Ariel Noah Mengaku tidak Merasa Sakit, Biasa Saja

 

Sebelumnya, sebanyak 155 kantong jenazah kini dilakukan identifikasi. Dari hasil identifikasi sudah ada 12 jenazah korab Sriwijaya Air SJ182 yang telah diketahui identitasnya.

Mereka adalah Okky Bisma, Asy Habul Yamin, Fadly Satrianto, Khasanah, Indah Halimah Putri, Agus Minarni, Ricko, Ihsan Adhlan Hakim, Supianto, Pipit Piyono, Mia Tresetyani, dan Yohanes Suherdi.

Seperti diberitakan, pesawat Sriwijaya Air SJY182 berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju ke Pontianak. Pesawat hilang kontak dan jatuh sekitar pukul 14.40 WIB di perairan Pulau Seribu.

Pesawat tersebut membawa 62 orang, terdiri dari 50 penumpang, yaitu 40 dewasa, 7 anak-anak dan 3 bayi, kemudian 12 kru pesawat Sriwijaya. (ilham/tha)

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait