Ada 4.030 Nakes Calon Penerima Vaksin Covid-19 di Kota Sukabumi. Tidak Semua Bisa Divaksin, Ini Syaratnya.

Jawa Barat —Sabtu, 16 Jan 2021 09:57
    Bagikan:  
Ada 4.030 Nakes Calon Penerima Vaksin Covid-19 di Kota Sukabumi. Tidak Semua Bisa Divaksin, Ini Syaratnya.
vaksin covid-19 (foto: Net/Ist)

POSKOTAJABAR, SUKABUMI. 

Satuan Tugas Penangan Percepatan (STPP) Covid-19 Kota Sukabumi telah mencatat sebanyak 4.030 tenaga kesehatan (nakes) calon penerima vaksin Covid-19. Namun, tidak semua nakes yang terdata dapat mengikuti vaksinasi. Pasalnya,  ada beberapa syarat yang diterapkan untuk penerima vaksin Covid sinovac tersebut.

Juru bicara  (STPP) Covid-19, Wahyu Handriana membenarkan, pihaknya telah mendata sebanyak 4.030 tenaga kesehatan (Nakes) untuk menerima vaksin covid-19 tahap pertama. Hanya saja, sebelum pelaksanaan vaksinasi, para nakes tersebut akan melalui  meja screening terlebih dahulu.

"Pada saat vaksinasi ada screning dulu. Nah pada saat itu ditentukan boleh atau tidaknya di vaksin," ujar Wahyu, saat dihubungi melalui aplikasi perpesanan whatshapp, Jum'at (15/01/2021).



Wahyu memaparkan, orang yang tidak boleh menerima vaksin Covid-19 produksi sinovac antara lain, pernah terkonfirmasi menderita Covid-19, ibu hamil dan menyusui, mejalani terapi panjang terhadap penyakit kelainan darah, penderita penyakit jantung, penderita penyakit ginjal, dan beberapa penderita lainnya.

"Hal tersebut berlaku juga untuk nakes. Jadi, kemungkinan tidak semua nakes dapat menjalani vaksinasi,"katanya.




Wahyu menambahkan, untuk pelaksanaan vaksinasi sendiri akan dilakukan antara akhir bulan Januari atau awal bulan Februari, tergantung pada instruksi dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

"Yang pertama menerima vaksin tenaga kesehatan (nakes) dan penunjangnya. Kalau untuk Pejabat Daerah kita belum menerima instruksi," pungkasnya. (Hendra)




Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait