Gempa Susulan Berkekuatan 5,9 Magnitudo Kembali Goncang Kabupaten Majene Sabtu Pagi

Jawa Barat —Sabtu, 16 Jan 2021 10:40
    Bagikan:  
Gempa Susulan Berkekuatan 5,9 Magnitudo Kembali Goncang Kabupaten Majene Sabtu Pagi
ilustrasi - foto ist

POSKOTAJABAR, BANDUNG


Kabupaten Majene, Sulawesi Barat masih dilanda gempa susulan. Sabtu pagi pk. 06:32 waktu setempat terjadi gempa dengan kekuatan 5,9 Magnitudo.


Gempabumi ini dirasakan di da erah Kabupaten Majene III MMI dan berdasarkan permodelan tidak ada tsunami.


Baca juga:Peramal Mbak You Akan Dipolisikan Soal Penerawangan Dunia Perpolitikan Indonesia yang Dinilai Provokatif

Dr Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, BPBD Kabupaten Majene menyampaikan belum ada laporan terkait dampak gempa yang berpusat di darat 20 km Timur Laut Majene dan berkedalaman 10 km ini. 


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi.


Kondisi gempa di Sulawesi Barat. (ist)


Untuk itu BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan yang berkekuatan signifikan. 


BNPB juga mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam untuk waspada terhadap longsoran dan reruntuhan batu.


Selain itu, bagi yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir, diharapkan untuk selalu waspada dan segera menjauhi pantai yang merasakan gempa.


Baca juga: Berita Terkini, Korban Tewas Gempa Sulawesi Barat Tercatat 42 Orang 


Masyarakat untuk dapat mengikuti informasi resmi dan tidak mudah percaya dengan segala informasi yang belum jelas sumbernya. 


Masyarakat juga diimbau untuk tidak percaya berita bohong atau hoax mengenai prediksi dan ramalan gempabumi yang akan terjadi dengan kekuatan yang lebih besar dan akan terjadi tsunami.


Masyarakat juga dapat mengikuti perkembangan informasi kegempaan melalui BMKG dan portal InaRisk untuk melihat bencana bencana yang ada di sekitar tempat tinggal.


BACA JUGA:   Ramalan Zodiak Besok, Minggu 17 Januari 2021, Taurus Hilangkan Stres, Leo Pedih di Hianati


Seperti diketahui, data per 15 Januari 2021, Jumat malam 20.00 WIB, Pusat Pengendali Operasi BNPB melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa M6,2 menjadi 42 orang 34 orang, dengan rincian 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan delapan orang di Kabupaten Majane.  (poskota.co.id)

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait