Terjadi Gempa di Sidrap, Setelah Gempa Susulan di Majene Sulawesi Barat

Jawa Barat —Sabtu, 16 Jan 2021 11:03
    Bagikan:  
Terjadi Gempa di Sidrap, Setelah Gempa Susulan di Majene Sulawesi Barat
ilustrasi - foto by Unsplash

POSKOTAJABAR,BANDUNG


Sehubungan dengan Gempa susulan yang terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat Sabtu pagi pk. 06:32 waktu setempat dengan kekuatan 5,9 Magnitudo

Gempa bumi juga mengguncang Kabupaten Sidrap dengan berkekuatan 3,7, Sulawesi Selatan. Gempa terjadi pukul 09.08 Wita pada hari Sabtu (16/1/2021).


BACA JUGA : Gempa Susulan Berkekuatan 5,9 Magnitudo Kembali Goncang Kabupaten Majene Sabtu Pagi


"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 3,7," kata Kepala Sub Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar, Siswanto.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,97 LS dan 120.15 BT, atau tepatnya berlokasi pada jarak 23 kilo meter Tenggara Sidrap, Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 kilo meter.

Siswanto mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang.


Baca juga : Berita Terkini, Korban Tewas Gempa Sulawesi Barat Tercatat 42 Orang


Dampaknya, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Sidrap dan Wajo II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tambah Siswanto.


BACA JUGA:  Ramalan Zodiak Besok, Minggu 17 Januari 2021, Taurus Hilangkan Stres, Leo Pedih di Hianati


Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia juga meminta agar masyarakat menghindar dari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa.

Beliau juga menghimbau untuk memeriksa kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum warga kembali ke dalam rumah


Siswanto juga berpesan untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android).

 

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait