Gunung Merapi Siaga Level III, Dalam 6 Jam Muntahkan 36 Kali Lava Pijar

Jawa Barat —Minggu, 17 Jan 2021 10:34
    Bagikan:  
Gunung Merapi Siaga Level III, Dalam 6 Jam Muntahkan 36 Kali Lava Pijar
Gunung Merapi. (foto:ist)

POSKOTAJABAR, YOGYAKARTA.

Lava pijar terus dimuntahkan Gunung Merapi di daerah perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah. Selama 6 jam, gunung api paling di Indonesia ini telah memuntahkan lava pijar sebanyak 36 kali.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, aktivitas Gunung Merapi saat ini masih cukup tinggi.

Sejak pukul 00.00 WIB hingga dengan pukul 06.00 WIB terlihat Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar sebanyak 36 kali menuju ke barat daya.

"Jarak luncur maksimal lava pijar terpantau sejauh 1,5 Kilometer (Km)," kata Hanik.

 

BACA JUGA : Personel BPBD Tandu Pasien Covid-19 yang Meninggal Melewati Petak Sawah

 

Asap kawah Gunung Merapi teramati dengan ketinggian kurang lebih 50 meter di atas puncak kawah Gunung Merapi. Gunung juga terlihat jelas hingga berkabut diantara I sampai III.

Secara kegempaan, dalam waktu 6 jam tercatat sebanyak 43 kali gempa guguran, gempa fase banyak 6 kali, tidak ada kegempaan lain.

 

BACA JUGA : Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Hingga Lava Pijar, Levelnya Masih Waspada

 

Sebelumnya, sejak pukul 18.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB pada Sabtu (16/1/2021) WIB, juga terlihat 20 kali guguran lava pijar.

Untuk periode tersebut jarak luncur lava pijar 1.000 meter atau 1 kilometer dari puncak dengan arah luncuran yang masih sama, yaitu barat daya.

"Status Merapi masih sama yaitu siaga atau level III," imbuhnya. (dwa)

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait