Korban Gempa di Sulawesi Barat Mencapai 73 Orang Meninggal Dunia dan 554 Orang Luka-luka, Ini Rinciannya!

Jawa Barat —Minggu, 17 Jan 2021 19:09
    Bagikan:  
Korban Gempa di Sulawesi Barat Mencapai 73 Orang Meninggal Dunia dan 554 Orang Luka-luka, Ini Rinciannya!
Tim evakuasi terus berusaha mencari korban gempa Magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat. (BNPB/ist)

POSKOTAKABAR, JAKARTA.

Korban tewas gempa berkekuatan Magnitudo 6,2 di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat pada Jumat (15/1 /2021) terus bertambah. Sampai Minggu siang (17/1 /2021) korban meninggal yang ditemukan sudah mencapai 73 orang. Selain itu, tim evakuasi masih melakukan pencarian korban dari bangunan yang runtuh akibat gempa. Sedangkan korban yang luka-luka mencapai 554 orang.

"Sampai Minggu siang, pukul 14.00 waktu setempat sudah mencapai 73 orang yang meninggal dunia," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dr. Raditya Jati, di Jakarta, Minggu sore (17/01/2021).

BACA JUGA:  Kapal Survey China Menyusup ke Perairan Indonesia Harus Menjadi Peringatan Pertahanan Negara

Adapun rincian dari 73 orang tersebut, 64 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan sembilan orang di Kabupaten Majene. Selain itu, terdapat 554 korban luka di Kabupaten Majene dengan rincian antara lain 64 orang luka berat, 215 orang luka sedang, dan 275 orang luka ringan.

"Terdapat 27.850 orang mengungsi di 25 titik pengungsian yang tersebar di Desa Kota Tinggi, Desa Lombong, Desa Kayu Angin, Desa Petabean, Desa Deking, Desa Mekata, Desa Kabiraan, Desa Lakkading, Desa Lembang, dan Desa Libur," kata Raditya.

Sedangkan di Kabupaten Mamuju terdapat 189 orang mengalami luka berat atau rawat inap dan terdapat lima titik pengungsian di Kecamatan Mamuju dan Kecamatan Simboro. Selanjutnya, terdapat pelayanan kedaruratan pada 3 rumah sakit yang saat ini aktif di Kabupaten Mamuju, yaitu RS Bhayangkara, RS Regional Provinsi Sulawesi Barat, dan RSUD Kabupaten Mamuju.

BACA JUGA:  Puluhan Penerangan Jalan Umum di Kota Sukabumi Rusak

BPBD Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju, dan Kabupaten Polewali Mandar terus melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan TNI - Polri, Basarnas , dan relawan maupun instansi lainnya dalam proses evakuasi masyarakat terdampak. (johara/tha)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait