Pemerintah Akan Memberikan Bantuan untuk Perbaikan Rumah bagi Korban Gempa Sulbar

Jawa Barat —Senin, 18 Jan 2021 07:53
    Bagikan:  
Pemerintah Akan Memberikan Bantuan untuk Perbaikan Rumah bagi Korban Gempa Sulbar
Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo, melakukan peninjauan ke daerah bencana di Sulbar. (ist)

POSKOTAJABAR, JAKARTA. 

Pemerintah akan memberikan bantuan berupa uang untuk rumah yang rusak akibat gempa di Sulawesi Barat (Sulbar). Adapun besaran dana stimulan tersebut masing-masing adalah Rp. 50 juta untuk Rumah Rusak Berat (RB), Rp. 25 juta untuk Rumah Rusak Sedang (RS), dan Rp. 10 juta rupiah untuk Rumah Rusak Ringan (RR). Demikian disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo.

"Jumlah besaran dana stimulan tersebut merupakan usulan yang diberikan dari Pemerintah Sulbar kepada Pemerintah Pusat melalui BNPB," terang Doni.

BACA JUGA:  Turnamen Sepak Bola Diberhentikan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kroya Kabupaten Indramayu

Itu disampaikan Doni di Sulawesi Barat, di sela kunjungannya di Sulbar. Doni atas perintah Presiden Jokowi berkantor di Sulbar , untuk memastikan penanganan korban berjalan baik dan juga distribusi logistik berjalan lancar.

Sebelumnya, Doni telah memastikan bahwa kerusakan rumah warga akibat gempa bumi menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten.

"Pemerintah pasti akan memberikan perhatian kepada masyarakat yang menjadi korban, termasuk rumah yang rusak nanti menjadi tanggung jawab BNPB bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten,” jelas Doni.

BACA JUGA:  Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat Selama Satu Pekan Ini Mencapai Angka 907.929

Seperti diketahui, gempa bumi Sulawesi Barat (Sulbar) berkekuatan Magnitudo 6,2 yang terjadi pada Jumat (15/01/2021) dini hari. Sampai kini sudah 73 orang tewas dan banyak mereka yang mengalami luka, termasuk rumah warga rusak. (johara/tha)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait