Presiden Jokowi Minta Perusahaan Besar Libatkan UMKM Dalam Kegiatan Usahanya

Jawa Barat —Senin, 18 Jan 2021 12:56
    Bagikan:  
Presiden Jokowi Minta Perusahaan Besar Libatkan UMKM Dalam Kegiatan Usahanya
Presiden Jokowi saat menyaksikan secara virtual penandatanganan kerja sama PMA dan PMDN serta UMKM di Istana Kepresidenan Bogor. (ist)

POSKOTAJABAR, JAKARTA. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perusahaan besar melibatkan usaha, mikro, kecil dan menengah dalam (UMKM) dalam kegiatan usahanya. "Usaha besar tidak boleh hanya mementingkan dirinya sendiri. Tolong dilihat lingkungannya apabila ada UMKM, libatkan dalam kegiatan-kegiatan perusahaan," kata  Jokowi.

Itu disampaikan Jokowi dalam acara penandatanganan kerja sama Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri dan UMKM, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (18/01/2021). 

Jokowi mengatakan, pemerintah akan terus berupaya dan membangun ekosistem yang kondusif agar kolaborasi usaha besar dengan UMKM ini menguntungkan dua belah pihak dan terus berkembang. 

BACA JUGA:  Korban Jiwa Akibat Gempa 6,2 Magnitudo di Sulawesi Barat Menjadi 81 Orang

Presiden berharap kemitraan ini tentu harus diperluas lebih lanjut dan dilembagakan, sehingga terbentuk pola relasi yang saling menguntungkan antara UMKM dengan perusahaan-perusahaan besar.

Terwujudnya bentuk kemitraan antara UMKM dengan perusahaan-perusahaan besar tersebut tentu menjadi kabar baik bagi upaya peningkatan kelas UMKM di Tanah Air, utamanya di tengah situasi pandemi saat ini.  Oleh sebab itu, kepala negara mengapresiasi atas kerja keras yang ditunjukkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang mampu menerjemahkan arahan Presiden beberapa waktu lalu.

"Saya menghargai upaya BKPM yang berupaya keras melakukan percepatan proses investasi, mulai dari mempermudah perizinan dan memfasilitasi investor sebaik mungkin, agar investasi dari dalam dan luar negeri bisa tumbuh pesat, membuka lapangan kerja, hingga berkontribusi besar untuk meningkatkan kelas UMKM Indonesia," tandas Jokowi dalam sambutannya secara virtual. 

Presiden menjelaskan, kontrak kerja antara UMKM dan usaha besar ini harus berlangsung secara berkelanjutan. Tidak hanya sekali, tapi terus-menerus. Kemudian, terus meningkat nilainya serta meningkat pula luas cakupannya sehingga secara signifikan meningkatkan kelas dan daya saing UMKM kita di pasar global. 

BACA JUGA:  Bambang Soesatyo Menyampaikan Rasa Prihatin yang Mendalam atas Terjadinya Bencana Alam di Tanah Air

Presiden mengharapkan, melalui kerja sama tersebut agar UMKM dapat terus belajar dan meningkatkan manajemen dan kualitas produknya sesuai dengan keinginan pasar untuk naik kelas.

"Terus meningkatkan kualitas produk, memperbaiki manajemen, memperbarui desain produk sesuai keinginan pasar, dan bisa memanfaatkan kerja sama kolaborasi dengan usaha-usaha besar ini agar bisa menaikkan kelasnya," ucapnya. (johara/tri) 

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait