8 Hal Penting yang Kamu Perhatikan Sebelum Mendaftar SNMPTN 2021

Jawa Barat —Senin, 18 Jan 2021 15:39
    Bagikan:  
8 Hal Penting yang Kamu Perhatikan Sebelum Mendaftar SNMPTN 2021
Snmptn

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah merilis informasi terbaru tentang aturan dan jadwal pendaftaran SNMPTN 2021 lho. Buat kamu yang belum tahu, kamu bisa baca di Jadwal SNMPTN dan SBMPTN 2021 ini.

BACA JUGA : Tubuh Luka Memar, Tahanan Narkoba Tewas di Lapas Indramayu

SNMPTN adalah jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur prestasi akademik berupa nilai rapor, dan non-akademik (portofolio) sebagai syarat kelulusan. Nilai rapor yang dihitung tentu saja mulai dari semester pertama sampai terakhir. 

Bagi kalian yang akan menjalankan SNMPTN 2021, maka harus mengetahui jadwal seperti di bawah ini:

  • Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru 2021: 4 Januari 2021.
  • Registrasi Akun LTMPT: 4 Januari - 1 Februari 2021.
  • Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah: 4 Januari - 8 Februari 2021.
  • Pengisian PDSS: 11 Januari - 8 Februari 2021. Pendaftaran SNMPTN: 15 - 24 Februari 2021.
  • Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021
  • Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN: lihat di laman PTN

Merangkum laman Rencanamu.id, Sabtu (16/1/2021), berikut ini 8 hal yang harus kamu perhatikan pada SNMPTN 2021.

1. Terkait kuota SNMPTN 2021 Dari pengalaman tahun sebelumnya, di berbagai perguruan tinggi minimal 20 persen yang akan dibuka lewat jalur SNMPTN.

2. Akreditasi dan performa sekolah Untuk akreditasi dan performa sekolah berpengaruh dalam seleksi. Jika sekolah akreditasi A, maka berpeluang lebih besar dari pada akreditas B atau C.

BACA JUGA : Jamu Anti Corona Buatan Eni Banyak Peminat di Masa Pandemi Covid-19

3. Sekolah favorit Meski sama-sama memiliki akreditasi A, tapi peserta yang berasal dari sekolah favorit atau terkenal akan lebih diuntungkan dibanding sekolah akreditasi A tapi performa biasa.

4. Nilai rapor penting Meski termasuk peringkat atas di sekolahmu, tapi jika perjalanan nilaimu kurang bagus maka akan kalah bersaing dengan peserta lain.

5. PTN miliki pertimbangan sendiri Apakah prestasi berpengaruh? Tentu hal itu menjadi pertimbangan tersendiri bagi PTN. Misalnya saja kamu juara 2 Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi akan berbeda dibanding juara di tingkat sekolah atau tempat les. Maka peluang lolos SNMPTN 2021 lebih besar.

6. Prestasi tidak wajib Lalu bagaimana jika tidak punya prestasi? Ini bukan menjadi hal wajib, hanya dicantumkan saja jika ada.

7. Terkait portofolio Jika kamu memilih prodi Seni dan Olahraga, maka akan diminta menyerahkan portofolio. Usahakan yang terbaik agar bisa lolos SNMPTN 2021.

8. Perhatikan keketatan prodi Kamu harus memperhatikan keketatan persaingan di prodi dan PTN yang dituju. Biasanya ada prodi dan PTN yang peminatnya jauh lebih banyak dibanding kursi yang ditawarkan. Ini juga menentukan peluang masuk atau tidaknya di jalur SNMPTN 2021. (RIN)


Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait