Tim SAR Gabungan Menemukan Seluruh Korban Tanah Longsor Sumedang, Pencarian Resmi Ditutup

Jawa Barat —Selasa, 19 Jan 2021 06:55
    Bagikan:  
Tim SAR Gabungan Menemukan Seluruh Korban Tanah Longsor Sumedang,  Pencarian  Resmi Ditutup
Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah
POSKOTA JABAR SUMEDANG

Operasi pencarian korban  hari ke sepuluh telah usai dilakukan, Sebanyak 40 korban tanah longsor yang terjadi di Perumahan Pondok Daud Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Pada Sabtu (09/01/2021). Semua korban telah diketemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Demikian diungkapkan Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah dalam  Konfrensi Pers malam, Pukul 22.00 WIB Senin(18/01/2021).

Menurut Deden Ridwansyah, dalam pencarian  hari ke Sepuluh, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan 8 korban di Sektor 2 yakni lokasi rumah pada longsoran pertama terjadi korban satu persatu dengan waktu yang berbeda ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Evakuasi jasad korban berlangsung hingga pukul 21.13 WIB, dan dua korban dalam keadaan meninggal dunia pada masing-masing pukul 19.59 WIB berjenis kelamin laki-laki dan korban terakhir yang ditemukan pukul 21.13 WIB berjenis kelamin perempuan masih dalam proses identifikasi Tim DVI Polda Jabar di Puskesmas Sawah Dadap," ujarnya.





Maka total delapan korban yang ditemukan semuanya berada di sektor dua yakni lokasi rumah pada lingsoran pertama terjadi.

Ia pun menyebut, keberhasilan dalam pencarian korban ini berkat sinergitas dan kerjasama tim lapangan yang baik antara unsur SAR, dengan dukungan dan semangat yang luar biasa sehingga seluruh korban dapat diketemukan.

"Alhamdulillah dihari kesepuluh ini para korban satu persatu dapat diketemukan dan langsung dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan," kata Deden Ridwansyah.




Berikut data korban telah teridentifikasi oleh Tim DVI Polda Jabar, pukul 09.20 WIB, korban berjenis kelamin laki-laki atas nama Abraham Sihombing(8), pukul 10.05 WIB, korban berjenis kelamin perempuan atas nama Roida Manaor Tampubolon(60), pukul 11.00 WIB, berjenis kelamin laki-laki atas nama Daniel Alvaro Pasaribu(5). pada pukul 11.23 WIB korban jenis kelamin laki-laki atas nama Boston Fanbel Pasaribu.

Kemudian pada pukul 15.41 WIB, korban berjenis perempuan atas nama Melati Natasya Sihombing(12), pukul 15.56 WIB  korban berjenis kelamin perempuan atas nama Cincin Rosa Arga Pasaribu(12).




Selanjutnya pada pukul 19.59 WIB korban berjenis laki-laki dan terakhir pada pukul 21.13 Tim menemukan kembali berjenis kelamin perempuan, kedua korban dalam proses Identifikasi Tim DVI polda jabar di Puskesmas Sawah Dadap.

"Kita berharap, tidaak ada lagi bencana tanah longsor  di jawa barat khususnya dan pada umumnya di indonesia," pungkasnya.  (Kris).






Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait