Beberapa Manfaat Menangis Bagi Kesehatan, Bisa Lepaskan Stres hingga Tingkatkan Mood

Kesehatan —Selasa, 19 Jan 2021 16:08
    Bagikan:  
Beberapa Manfaat Menangis Bagi Kesehatan, Bisa Lepaskan Stres hingga Tingkatkan Mood
(foto:unsplash)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Menangis merupakan sifat alamiah yang kita keluarkan pada saat mendapati bahwasannya kenyataan dengan apa yang kita harapkan tak sesuai dengan kenyataan baik yang terjadi ataupun bisa juga karena bentuk tangisan haru dan bangga atas hasil yang telah kita raih.

Dikutip dari alodokter, semua orang di seluruh dunia hampir 100% pernah meneteskan air mata entah itu karena sedih ataupun karena rasa haru bahagia.

Menangis merupakan perilaku manusiawi, sebab tidak ada orang yang tidak menangis. Menangis juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, di antaranya.

 

BACA JUGA : Hujan Es dan Angin Puting Beliung Akibatkan Tiga Desa Terisolir di Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur

 

 

  1. Melegakan Perasaan.

Banyak orang yang mengakui merasa lebih baik setelah dia menangis. Terutama bagi mereka yang sedang frustrasi, berkabung, dan mengalami hari yang kurang baik.

 

  1. Melepaskan Stres.

Hormon stres akan turut dikeluarkan bersamaan dengan air mata saat sedang menangis. Racun lainnya yang menumpuk saat mengalami stres juga turut dikeluarkan.

Selain studi lain menunjukkan bahwa menangis dapat merangsang hormon endorfin yang merupakan pembunuh rasa sakit alami yang dapat membuat Anda merasa lebih baik

 

BACA JUGA : Polres Cianjur dan TNI Grebek Kios yang Diduga Jual Beli Pil Psikotropika

 

  1. Membantu Melalui Situasi yang Sulit.

Manfaat lainnya dari menangis adalah bagi psikologis, dari menangis itu bisa meningkatkan suasana hati dan membantu Anda menghadapi situasi yang menyulitkan atau menyakitkan.

 

  1. Meningkatkan Mood.

Manfaat lain dari menangis yaitu kita dapat menurunkan kadar mangan dalam tubuh seseorang. Pada dasarnya, mangan yang berlebih dalam tubuh akan memengaruhi suasana hati, seperti perasaan cemas, gelisah, dan gangguan-gangguan emosi lain. (dwa)

 

 

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait