Ratusan Hektar Sawah dan Kolam Ikan di Desa Cibeber Indramayu Kebanjiran

Jawa Barat —Selasa, 19 Jan 2021 18:11
    Bagikan:  
Ratusan Hektar Sawah dan Kolam Ikan  di Desa Cibeber Indramayu Kebanjiran
Debit air sungai Cirenggon meningkat merendam puluhan hektar sawah dan kolam ikan warga Desa Cibeber, Kecamatan Sukagumiwang, Indramayu, Jawa Barat. (foto:Yan)


POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Ratusan hektar sawah serta puluhan kolam ikan milik warga Desa Cibeber, Kecamatan Sukagumiwang, Indramayu, Jawa Barat,  Selasa (19/01/2021) kebanjiran. Akibatnya masyarakat setempat menderita kerugian materi hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut warga setempat Surya, 49,  banjir disebabkan karena meluapnya air sungai Cirenggon yang terjadi dua hari berturut-turut sejak hari Senin (18/01/2021) pagi hingga hari Selasa (19/01/2021) air masih menggenangi persawahan dan kolam ikan.

Hal senada diungkap Suwenda, 55, banjir diakibatkan karena  tingginya curah hujan di daerah hulu di Kabupaten Majalengka sehingga airnya tidak tertampung oleh saluran pembuang (sipon) menuju sungai Cimanuk. 

"Sejak Senin (18/01/2021) pagi volume air cukup  tinggi,  sementara bangunan siponnya terlalu kecil,  sehingga air di sungai Cirenggon meluber ke areal persawahan dan kolam ikan," ujarnya.


BACA JUGA : Presiden Jokowi Tinjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang Hancur Akibat Gempa


 Menurut Suwenda, air  yang mengalir di sungai Cirenggon itu berasal dari pembuangan air persawahan di Kabupaten Majalengka seperti di daerah Rajagaluh, Sumberjaya, Lojikobong dan sekitarnya.

Kondisi itu ditambah curah hujan yang tinggi, menyebabkan sawah-sawah di daerah tersebut tidak bisa menampung air sehingga airnya  mengalir ke Sungai Cirenggon. Sesampai di wilayah Kabupaten Indramayu air Sungai Cirenggon itu luber dan merendam persawahan dan kolam ikan.

 

 

BACA JUGA : Banjir Bandang Menerjang Kawasan Puncak Bogor, 474 Warga Dievakuasi


Masyarakat khawatir dengan banjir kiriman susulan dari Kabupaten Majalengka. “Kalau curah hujan di  Kecamatan Rajagaluh dan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka tinggi lagi maka otomatis sawah-sawah di Desa Cibeber bakal banyak yang terendam,  karena air dari situ akan mengalir ke sungai Cirenggon yang merupakan sungai pembuang," katanya. (Yan)



BACA JUGA :  Gugatan Aman Tecatat di MK, Inilah Persiapan KPU Pangandaran 

 


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait