Tebing Samping Longsor Menimpa Rumah di Kabupaten Tasikmalaya

Jawa Barat —Selasa, 19 Jan 2021 20:39
    Bagikan:  
Tebing Samping  Longsor Menimpa Rumah di  Kabupaten Tasikmalaya
Rumah Halimah terkena longsor pada dinding samping rumah. (foto:kris)
POSKOTA JABAR, TASIKMALAYA.

Sebuah rumah milik Halimah (60) warga Kampung Buni Sari RT 27/05 Desa Neglasari, Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya, tertimpa material longsor hingga mengalami keruksakan pada bagian samping, Selasa (19/01/2021). 

Longsor diakibatkan hujan deras yang terjadi sejak Senin (18/1/2021) malam sehingga menyebabkan tebing di samping rumahnya itu longsor mengenai rumahnya.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin mendapati warganya yang terkena dampak longsor. Langsung meninjau lokasi dan menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada pemilik rumah yakni  Halimah dalam pemberian tersebut di dampingi TNI, Kepolisian dan Kabid kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tasikmalaya serta unsur masyarakat kecamatan Salawu.




Menurut Nuraedidin, longsor terjadi di Kampung Buni Sari RT 027/05 Desa Neglasari Kecamatan Salawu itu, mengakibatkan pemilik rumah mengalami kerusakan.

"Maka kami atas nama pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui BPBD menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada pemilik rumah," ujarnya


Kata, Nuraedidin,  kejadian tersebut terjadi ketika hujan deras yang terus menguyur wilayah kabupaten Tasikmalaya sehingga tanah pada tebing mengakibatkan labil dan tak bisa menahan debit air di atasnya dan mengakibatkanlah longsor dan mengenai rumah di bawahnya.

"Akibat kejadian tersebut, rumah milik Halimah mengalami rusak pada bagian samping dinding.
"Alhamdulillah dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, korban mengalami kerugian di taksir Rp. 50.000.000," paparnya. (Kris)




Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait