8 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Sekaligus Mempercantik Ruanganmu

Gaya Hidup —Selasa, 19 Jan 2021 23:40
    Bagikan:  
8 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Sekaligus Mempercantik Ruanganmu
Foto Bukalapak

POSKOTAJABAR

8 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Sekaligus Mempercantik RuanganmuAda banyak tanaman yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk atau memangsa nyamuk supaya populasinya berkurang. Kamu bisa menanam tanaman tersebut di pekarangan rumah jika memang menginginkannya dalam jumlah besar. Beberapa tanaman lainnya bisa diletakkan di pot dan dibawa masuk ke dalam rumah. tanaman Hias, tanaman hias pengusir nyamuk, nyamuk, pengusir nyamuk, mempercantik ruangan, ruangan

8 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Sekaligus Mempercantik RuanganmuBukan hanya memakan, kok. Banyak juga tanaman pengusir nyamuk mengeluarkan aroma yang dibenci supaya tidak didatangi oleh nyamuk dan serangga lainnya. Malahan, ada juga tanaman yang ekstraknya bisa digunakan untuk kulit kamu. tanaman Hias, tanaman hias pengusir nyamuk, nyamuk, pengusir nyamuk, mempercantik ruangan, ruangan

Berikut ini 8 rekomendasi tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk sekaligus bisa mempercantik rumah :

BACA JUGA : 8 Tanaman Hias Daun Berwarna Ungu untuk Dekorasi Rumah Cantik dan Unik

1. Lavender

(Foto:Pinterest)

Mari kita mulai dari pilihan tanaman pengusir nyamuk yang paling cantik. Kamu pasti pernah dengar bahwa ekstrak lavender digunakan untuk produk pengusir nyamuk, bukan. Ya, faktanya aroma lavender yang dihasilkan dari zat linaloor dan linalyl ini tidak disukai oleh para nyamuk.

Untuk manusia, aroma dari bunga lavender malah bisa menenangkan. Kamu bisa menanam lavender di depan rumah atau membawanya masuk ke dalam dengan pot. Dijamin, warna ungu lavender cocok dengan berbagai perabotan yang ada.

BACA JUGA DPRD Jabar Tandatangani CDPOB, Garut Selatan, Bogor Barat dan Sukabumi Utara


2. Lemon Balm

(Foto:Pinterest)

Selain lavender, aroma lemon juga tidak disukai nyamuk dan sering dibuat ekstrak untuk lotion antinyamuk. Pastinya, kamu juga bisa menaruhnya di dalam rumah dekat jendela. Tanaman herbal lemon balm ini bisa juga dijadikan penambah aroma pada masakan, loh.

Selain pengusir nyamuk, aroma segar yang dihasilkan juga bisa mengundang kupu-kupu untuk datang. Pastinya kamu mau taman kamu dipenuhi oleh kupu-kupu yang cantik.


3. Serai Wangi

(Foto:Pinterest)
Tanaman yang satu ini juga sudah dipercaya sebagai pengusir nyamuk yang ampuh. Enaknya lagi, tanaman ini bisa tetap tumbuh dalam kondisi tanah apa pun, baik sedikit basah atau kering. Sayangnya, serai wangi hanya bisa ditanam di ruang terbuka.

Tenang, ada satu cara untuk kamu menangkal kedatangan nyamuk di dalam rumah. Tempatkan tanaman serai wangi di dekat jendela atau pintu masuk. Dengan begitu, akses nyamuk masuk pun tertutup.

BACA JUGA : 8 Nama Tanaman Unik yang Viral di Indonesia, dari Janda dan Duda Hingga Selingkuhan


4. Catnip

(Foto:Pinterest)

Pada dasarnya, tanaman ini lebih sering dimanfaatkan hewan peliharaan kucing. Aroma catnip mampu merangsang kucing supaya lebih aktif bergerak. Dengan begitu, kucing kamu jadi mau bergerak ke sana-sini dan makan yang banyak.

Di sisi lain, aroma catnip tidak disukai oleh nyamuk. Sudah ada penelitian tentang catnip yang mengandung minyak esensial nepetalactone yang mampu mengusir nyamuk. Kamu bisa menanamnya di belakang rumah dan mudah dijangkau oleh kucing.


5. Zodia

(Foto:Pinterest)

Zodia sebenarnya tumbuh subur di tanah Papua, tapi sekarang sudah semakin mudah ditemukan di banyak tempat. Tamanan yang satu ini juga bisa diletakkan di dalam rumah untuk mengusir nyamuk membandel yang berkeliaran.

Zodia mengeluarkan aroma khas yang bisa membuat nyamuk pergi. Bila ingin khasiat yang lebih ampuh lagi, oleskan getah daun ke tangan dan kaki kamu. Lakukan langkah tersebut saat kamu mau melakukan aktivitas di luar ruangan.

BACA JUGA : Adzan Jihad! Ketum MUI Jabar : Pelaku Bisa Ditindak, Tapi Sifatnya Edukasi


6. Rosemary

(Foto:Pinterest)

Beberapa masakan akan punya rasa dan aroma lezat setelah mencampurkan rosemary ke dalamnya. Selain itu, rosemary juga biasa digunakan sebagai penghias dekorasi rumah karena bentuknya yang unik. Kamu bisa menanam rosemary di pekarangan atau sebagai pagar hidup di rumah kamu, loh.


7. Daun Selasih

(Foto:Pinterest)

Tanaman pengusir nyamuk ini juga mengandung senyawa eugenollinalool, dan geraniol. Zat-zat tersebut akan menghasilkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman selasih juga bisa loh ditaruh di dalam rumah untuk mempercantik dekorasi.

Selain itu, buah selasih juga bisa dimanfaatkan untuk campuran minuman. Jadi, kamu bisa lebih mudah mendapatkan biji selasih saat ingin membuat minuman dingin.

BACA JUGA : Uji Coba Flayover Jalan Jakarta dan Jalan Supratman, Dishub Mulai Tinjau Manajemen Rekayasa Lalu Lintas


8. Pink Rose Geranium

(Foto:Pinterest)

Bunga warna merah muda memang jadi pilihan yang bagus untuk hiasan di rumah. Ukurannya pun tidak lebih besar dari 80 cm. Dengan begitu, tanaman ini pun bisa diletakkan di sudut mana pun. Kamu pun tidak perlu khawatir bila tempat tinggal kamu terbilang mungil.

Bunga geranium mengusir nyamuk dengan menyebarkan aroma harum. Aroma ini bisa juga mengurangi stres karena punya sifat yang menenangkan. (RIN)

tanaman Hias, tanaman hias pengusir nyamuk, nyamuk, pengusir nyamuk, mempercantik ruangan, ruangan


Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait