Raffi Ahmad Diduga Langgar Prokes Saat Hadiri Pesta, Polisi Beberkan Fakta Ini

Gaya Hidup —Rabu, 20 Jan 2021 11:53
    Bagikan:  
Raffi Ahmad Diduga Langgar Prokes Saat Hadiri Pesta, Polisi Beberkan Fakta Ini
Raffi Ahmad. (ig : @raffinagita1717)

POSKOTAJABAR, JAKARTA

Pesta ulang tahun bos KFC, Ricardo Gelael yang sempat membuat heboh publik karena kehadiran artis Raffi Ahmad usai disuntik vaksin Corona dinyatakan memenuhi protokol kesehatan.

Dari hasil penyelidikan kepolisian, pesta bos KFC yang digelar di masa pandemi Covid-19 itu hanya dihadiri orang-orang terdekat saja.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebu, dalam kasus itu tidak ditemukan adanya unsur pelanggaran protokol kesehatan sebagaimana diatur dalam Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Tinjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang Hancur Akibat Gempa

Pasal 93 itu sendiri berbunyi; setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp100 juta.

"Unsur persangkaan di Pasal 93 itu tidak ada karena cuma 18 orang di situ (acara ulang tahun Ricardo Gelael)," kata Kombes Yusri Yunus di Polres Depok, Jawa Barat.

Selain itu, Yusri menyebut acara ulang tahun tersebut juga telah menerapkan protokol kesehatan. Di mana, setiap tamu yang hadir termasuk Raffi Ahmad terlebih dahulu menjalani swab antigen.

"Sudah kami periksa semuanya, ada swab antigen, isinya cuma 18 orang. Itu orang-orang terdekatnya saja dalam acara tersebut," katanya.

BACA JUGA :  Gugatan Aman Tecatat di MK, Inilah Persiapan KPU Pangandaran 

Pesta ulang tahun ayah dari Sean Gelael menjadi sorotan lantaran dihadiri Raffi Ahmad yang baru saja menjalani vaksinasi Covid-19 bersama Presiden Jokowi.

Acara tersebut digelar di rumah pribadi Ricardo Gelael di Jalan Prapanca IV, Mampang, Jakarta Selatan, pada Rabu (13/1/2021) malam.

Selain Raffi, Ahmad terpantau pula beberapa artis lain yang hadir di pesta tersebut diantaranya Anya Geraldine, Gading Marten dan Nagita Slavina.

Bahkan acara tersebut diduga turut dihadiri Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.


Perilaku Raffi Ahmad itu pun akhirnya menuai banyak komentar miring dari masyarakat. Khususnya warganet yang menyayangkan ulah Raffi Ahmad membuat kerumunan tanpa protokol kesehatan 3M.

Padahal, Raffi Ahmad baru saja menjalani vaksinasi Covid-19 bersama Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Bahkan Istana menyebut Raffi adalah perwakilan dari kaum milenial yang ditunjuk negara untuk menjadi panutan menyukseskan program vaksinasi Covid-19 sekaligus menyebarkan pesan protokol kesehatan 3M.fff

"Saya sudah minta maaf sama Presiden Jokowi dan seluruh masyarakat Indonesia atas beredarnya foto-foto tersebut, karena saya habis makan waktu itu terus foto-foto. Sebelum masuk rumah ayah temen saya itu, kita menerapkan prptokol kesehatan dan di tes swab juga,"pungkas Raffi Ahmad. (mia/tha)

Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait