Gubernur Jabar Minta Pimpinan Daerah Turun ke Lapangan Penanganan Covid-19

Jawa Barat —Rabu, 20 Jan 2021 16:26
    Bagikan:  
Gubernur Jabar Minta Pimpinan Daerah Turun ke Lapangan Penanganan Covid-19
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin rapat penanganan Covid-19 di kab. Tasikmalaya didampingi Kapolda jabar dan Sekda Kab. Tasikmalaya. (foto:kris)
POSKOTAJABAR, TASIKMALAYA.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menggelar rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya Pendopo Baru Jalan Sukapura I Bokongkoneng Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (20/01/2020). Namun dalam rapat tersebut, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto justru malah tidak hadir.

Ridwan Kamil mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten Tasikmalaya tak lain untuk memantau penanganan Covid-19 di daerah itu Kabupaten Tasikmlaya. Sebab, berdasarkan hasil survei tingkat kepatuhan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya merupakan paling terendah di Jabar. 

"Kabupaten Tasikmalaya masih sangat rendah kedisiplinan menggunakan masker. Ini salah satu alasan kami melakukan kunjungan terkait masalah Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya," katanya 





Menurut dia, kesadaran masyarakat Kabupaten Tasikmalaya yang rendah dalam mengenakan masker dikarenakan operasi yang minim. Akibatnya, tidak ada yang menegur masyarakat saat tidak mengenakan masker.

"Tidak ada berita viral. Karena itu, tolong jadi koreksi buat Kabupaten Tasikmalaya. Agar kepatuhan tidak kendor," katanya

Tak hanya itu, Ridwan Kamil juga menyinggung sosok pimpinan di Kabupaten Tasikmalaya harus turun ke lapangan dalam penanganan Covid-19 ini.




Ia pun mengatakan, pemimpin harus melihat langsung dan menyemangati masyarakat yang menghadapi pandemi Covid-19. Tak bisa hanya sekadar melakukan rapatnya saja.

"Pak Sekda dan Pak Bupati tak bisa hanya modal rapat saja, harus turun ke lapangan dan semangati warga masyarakatnya. Kalau dibilang capek, semua orang juga capek. Apalagi kita yang mengambil keputusan," kata dia.




Namun, ia mengatakan, itu merupakan risiko jabatan seorang pimpinan. Menurut dia, seorang pimpinan harus jadi teladan masyarakatnya.

Seperti diketahui, berdasarkan wilayah per 15 Januari 2021, tiga daerah dengan kepatuhan memakai masker terbaik adalah Kota Bekasi, Kota Bandung, dan Kota Cimahi. Sementara kepatuhan memakai masker terendah adalah Kabupaten Tasikmalaya (tidak termasuk 20 daerah PPKM), Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran. (Kris)




Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait