Kejari Kota Sukabumi Musnahkan Sabu dan Ganja Sisa Perkara Tahun 2020. Ini jumlahnya.

Jawa Barat —Rabu, 20 Jan 2021 18:13
    Bagikan:  
Kejari Kota Sukabumi Musnahkan Sabu dan Ganja Sisa Perkara Tahun 2020. Ini jumlahnya.
Kepala Kejari Kota Sukabumi, Mustaming, beserta unsur Forkopimda lainnya memusnahkan sejumlah barangbukti, di Halaman Kejari setempat, Rabu (20/1/2021). (foto:hendra)

POSKOTAJABAR, SUKABUMI.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Sukabumi memusnahkan sejumlah barangbukti sisa perkara tahun 2020 berupa sabu sabu, ganja kering, satu senpi rakitan, dan sejumlah barang bukti lainnya, di Halaman Kejari setempat, Rabu (20/01/2021).

"Barang bukti tersebut merupakan sisa perkara dari tahun 2020, dan berasal dari 26 perkara yang telah diputus dan memiliki kekuatan hukum yang tetap,” ujar Kepala Kejari Kota Sukabumi, Mustaming.

Mustaming menjelaskan, dari 26 perkara tersebut  terdapat barang bukti berupa sabu - sabu sebanyak 44, 8453 gram sabu sabu, 24,9613 gram ganja kering, ribuan butir obat-obatan terlarang, dan satu buah senpi, serta beberapa sajam.

"Dalam pemusnahan ini untuk sabu-sabu dan ganja dimusnahkan dengan cara dibakar sampai menjadi abu. Barang bukti yang digunakan untuk tindak kejahatan yaitu senjata api jenis air soft gun, golok, dan pedang dengan cara dipotong," papar Mustaming.


BACA JUGA : Anak Gugat Ayah Kandung Rp 3 M di Bandung, Sehari Sebelum Persidangan Sang Anak Meninggal


Mustaming mengatakan, sepanjang tahun 2020 telah terjadi peningkatan perkara narkotika. Dari sekitar 333 perkara yang diterima oleh pihaknya  sebanyak 150 perkara merupakan kasus kejahatan narkotika.

"Dari kasus-kasus narkotika dan obat-obatan terlarang sebagian besar barang bukti untuk dikonsumsi sendiri oleh pelaku, ada juga yang dijual dan diedarkan disekitar Sukabumi Kota," ucapnya.

Mustaming menambahkan, nilai dari  sejumlah barang bukti yang dimusnaghkan tersebut diperkirakan nilainya hampir mencapai miliaran rupiah.


BACA JUGA : Polisi Peragakan 40 Adegan Pembunuhan Fathan Mahasiswa Telkom University Bandung



Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi,  yang hadir dalam  pemusnahan sejumlah barang bukti tindak pidana, mengatakan, masih banyaknya peredaran narkoba di Kota Sukabumi bukan hanya tugas dari institusi terkait, namun harus diwaspadai oleh semua pihak.

"Kalau dibebankan kepada personie keamaan, tentunya sangat terbatas, oleh karena itu harus saling mengawasi bersama dengan sejumlah pihak dan paling utamanya masyarakat,"singkatnya. (Hendra)


BACA JUGA : Daftar Kabinet Baru Joe Biden yang Akan Membantu Kepemimpinan Presiden Amerika Serikat


Editor: Suherlan
    Bagikan: