Protokol Kesehatan Hotel dan Restoran Kota Bandung Berbasis CHSE

Jawa Barat —Kamis, 21 Jan 2021 06:07
    Bagikan:  
Protokol Kesehatan  Hotel dan Restoran Kota Bandung Berbasis CHSE
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari. (foto:aris)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini, hotel dan restoran menerapkan protokol kesehatan (Prokes) berbasis Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) atau CHSE kurang dari 10 persen.

"Udah (berjalan), belum semua. Kita berharap, meski menteri ganti terus berjalan. Itu bagus," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari kepada wartawan di balaikota Bandung, Rabu (20/01/2021). 

Hingga November 2020 lalu, ia mengungkapkan sebanyak 95 hotel, 41 restoran dan 2 objek wisata outdoor yang sudah memiliki sertifikat protokol kesehatan berbasis CHSE. Selain itu, salah satu jasa perjalanan wisata di Kota Bandung mendapatkan sertifikat yang sama.

"Sisanya masih banyak, gak bisa sekaligus baru 2 sampai 3 bulan (programnya)," paparnya 



Kenny mengutarakan jumlah hotel di Kota Bandung sendiri kurang lebih mencapai 400 hotel. Sedangkan jumlah kafe dan restoran lebih banyak. Kurang 10 persen," katanya. 

Ia pun menyebut jika program CHSE Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersifat gratis dan pelaku usaha dapat langsung mengajukan ke Disbudpar. Saat ini, program tersebut masih berjalan.



Lebih lanjut Kenny menambahkan, pihaknya mendorong agar pelaku usaha di bidang pariwisata terus meningkatkan penerapan protokol kesehatan. 

"Menaati peraturan Walikota Bandung tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proposional termasuk batas operasional," tandasnya. (Aris)




Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait