Puluhan ASN Terpapar Covid-19 Pelayanan Puskesmas Puspahiang Ditutup selama 7 hari

Jawa Barat —Kamis, 21 Jan 2021 13:53
    Bagikan:  
Puluhan ASN Terpapar Covid-19 Pelayanan Puskesmas Puspahiang Ditutup selama 7 hari
Banner terbentang di UPT Puskesmas Puspahiang, permohonan maaf pelayanam ditutup. (foto:kris)
POSKOTA JABAR ,TASIKMALAYA.

Sebanyak 11 ASN profesi Bidan dilingkungan UPT Puskesmas Puspahiang Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya terkonfirmasi Covid-19, Pelayanan ditutup selama 7 hari.

Camat Puspahiang,  Zalkap Drasma mengatakan, awal sebelumnya terjadinya penutupan Puskesmas berawal dari Dua ASN profesi bidan terpapar Covid-19, kemudian dilaksanakan uji Swab massal sebanyak 32 Tenaga bidan dan hasilnya di ketahui sebanyak 17 Negatif dan 11 orang ASN terpapar positif Covid-19.

"Untuk pelayanan kesehatan hanya bisa dilakukan di tiga Puskesmas terdekat yakni Puskesmas Salawu, Mangunreja dan Puskesmas Taraju kalau itu memungkinkan untuk dilakukan," ungkapnya, Kamis (21/01/2021).



Kata Zalkap, dengan terpaparnya ASN profesi Bidan tersebut, Maka 8 orang bidan tersebut melakukan isolasi mandiri di UPT Puskesmas Puspahiang dan 3 orang lagi melakukan isolasi mandiri di Rumahnya masing-masing, karena itu kita tetap harus mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

Tak hanya itu, jajaran muspika kecamatan bersama Gugus Tugas Covid-19 dan Dinas Kesehatan langsung melakukan koordinasi cepat tepat untuk melakukan pensterilan dan penyemprotan di lokasi puskesmas dan warga setempat agar penyebaran Covid-19, ini tidak menyebar meluas ke warga sempat.




"Bilamana pasien tersebut sudah sembuh dari terpaparnya Covid-19, maka pelayanan kesehatan akan di buka kembali pada (25/01/2021), itupun melihat kondisi para pasien," ucapnya, 

Sementara, itu Kepala Bidang (Kabid) Penanganan dan Pengendalian Penyakit(P2P) pada Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, Atang Sumardi mengatakan awal terjadinya positif terpapar  Covid-19, yakni dua orang tenaga yang berprofesi bidan terkonfirmasi positif Covid-19. 




"Kemudian, gugus tugas menindaklanjuti dengan pelaksanaan swab kepada 32 orang lebih pegawai di lingkungan UPT Puskesmas Puspahiang," terangnya

Setelah keluar hasilnya, diketahui lah ada 11 orang yang hasilnya positif Covid-19, dan Sisanya kebanyakan dari hasilnya negatif. Maka untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 meluas pelayanan kesehatan di tutup untuk sementara waktu,” ujarnya.(Kris)





Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait