Longsor Menutup Akses Jalan Penghubung Tasikmalaya-Pangandaran Hingga Lumpuh Total

Jawa Barat —Kamis, 21 Jan 2021 16:30
    Bagikan:  
Longsor Menutup Akses Jalan Penghubung Tasikmalaya-Pangandaran Hingga Lumpuh Total
Relawan BPBD, TNI, Kepolisian beserta Warga Masyarakat berupaya mengevakuasi Material longsor yang menutup akses jalan penghubung. (foto:kris)

POSKOTAJABAR, TASIKMALAYA.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya menyebabkan tebing setinggi lebih kurang 30 meter longsor dan menutup jalan tepatnya di Kampung Cimandar, Desa Cisarua, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (21/01/2021).

Pantauan POSKOTA JABAR , material longsor berupa tanah dan lumpur menutup badan jalan penghubung Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Pangandaran sepanjang lebih kurang 25 meter dengan ketebalan longsor 1 hingga 4 meter dengan lebar longsoran 5 meter.

Akses jalan kedua arah dari Tasikmalaya maupun ke Pangandaran hingga saat ini masih tertutup longsor dan akses kedua arah lumpuh total, tak bisa dilewati oleh semua kendaraan, baik itu, roda dua, roda empat, roda delapan maupun pejalan kaki.


BACA JUGA : PPKM di Perpanjang, Berlaku 26 Januari-8 Februari


Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Irwan mengatakan, longsor terjadi pada malam tadi sekitar pukul 19.30 WIB, sejak hujan yang terjadi pada sore hingga malam.

Menurut irwan, kejadian longsor yang terjadi semalam ini, BPBD Kabupaten Tasikmalaya langsung melakukan koordinasi dengan pihak muspika setempat. " Pada pukul 07.00 WIB, Relawan BPBD, Unsur masyarakat beserta TNI dan kepolisian langsung melakukan gotongroyong bersama menyingkirkan material longsor dengan alat manual yakni cangkul, lingis dan sekop," ucapnya.


BACA JUGA : Potongan Tubuh Diduga Korban Sriwijaya Air Ditemukan Warga di Pantai Kiss


Kata dia, jalan ini merupakan salah satu jalan alternatif yang menghubungkan 3 kabupaten, yakni kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan kabupaten Pangandaran.

"Kami akan terus berupaya mengevakuasi jalan tersebut meski dengan alat manual karena tidak memungkinkan kita mendatangkan alat berat karena jalur tidak memungkinkan untuk kelokasi longsoran,"tambahnya.

Hingga Kamis siang, petugas gabungan dari Polsek Cineam, Satuan Sabhara Polresta Tasikmaya, Koramil Cineam, BPBD Kabupaten Tasikmalaya bersama warga masih melakukan evakuasi pembersihan material longsoran.(Kris)


BACA JUGA :Satgas Anti Rentenir Kota Bandung Fasilitasi dan Berikan Solusi Kepada Para Korban


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait