Komisi D DPRD Kabupaten Cianjur Soroti Pengadaan Rp 55 Miliar di Disdikbud

Jawa Barat —Kamis, 21 Jan 2021 16:56
    Bagikan:  
Komisi D DPRD Kabupaten Cianjur Soroti Pengadaan Rp 55 Miliar di Disdikbud
Kiri) Ketua Komisi D DPRD Cianjur, Sahli Saidi (Kanan) Anggota Komisi D, Susi Susilawati. (foto:nuki)
POSKOTAJABAR,CIANJUR

Komisi D DPRD Cianjur soroti pengadaan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bernilai Rp 55 miliar.

Wakil rakyat berharap agar luncuran pengadaan yang sumber dananya dari Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tersebut tidak hanya  sekadar luncuran proyek semata.

Ketua Komisi D DPRD Cianjur, Sahli Saidi mengaku baru mengetahui ada proyek sebesar itu di lingkungan Disdik. Meski begitu legislator asal Gerindra itu berharap proyek dengan nilai sebesar itu jangan sekadar luncuran proyek semata. 

"Kemarin waktu rapat kerja dengan Disdik sama sekali tidak membahas soal ini. Nanti akan kita minta data lengkapnya ke Disdik,"ujarnya saat ditemui di kantor DPRD Cianjur, Kamais (21/01/2021).



Senada anggota Komisi D, Susi Susilawati mengaku baru mendengar soal pengadaan tersebut. Legislator asal PDI P itu lebih menekankan soal pemanfaatan barang yang saat ini sudah di luncurkan.

"Pemanfaatannya harus sesuai dengan kebutuhan sekolah. Artinya jangan sampai sekolah butuhnya barang A yang datangnya malah C,"ujarnya.




Menurutnya, dinas harus betul betul melihat apa yang menjadi kebutuhan pihak sekolah. Jangan sampai nantinya malah menjadi pemborosan anggaran.

"Misalkan di selatan itu tak butuh touch screen tapi malah diberikan. Intinya memang harus maping dulu. Jadi ketika ada anggaran dari pusat ataupun provinsi itu idealnya ada masukan dulu dari dinas apa itu kebutuhannya. Jadi ada sinkronisasi,"pungkasnya. 




Belum lama ini sebanyak 151 sekolah di Kabupaten Cianjur mendapat bantuan berupa alat TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Bantuan tersebut diluncurkan Pemprov ke Cianjur melalui kegiatan pengadaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur Tahun Anggaran (TA) 2020.

Tak tanggung-tanggung total dana yang diluncurkan mencapai Rp55 miliar, terbagi menjadi dua kegiatan.


 

Pertama, Pengadaan Alat Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar Jarak Jauh Audio Video Conference di Sekolah Dasar (SD) senilai Rp35,3 miliar.

Kedua, Pengadaan Alat Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar Jarak Jauh Audio Video Conference di Sekolah Menengah Pertama (SMP) senilai Rp19,9 miliar. 

Tender kedua proyek tersebut dimenangkan rekanan PT Sinar Mamosa Pratama yang berdomisili di Kota Bandung. (Nuki)






Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait